Thursday, March 15, 2012

Seni Berkomunikasi

Orang yang talkactive belum tentu cakap berkomunikasi. Itu betul sekali! Dan hari ini aku dapat pelajaran yang sangat berharga. Hari ini aku melakukan kesalahan komunikasi. Karakterku yang lugas kadang tidak sempat memikirkan apakah kata-kataku akan membuat lawan bicaraku suka atau tidak. Aku bicara tanpa beban karena memang buatku dunia itu tanpa beban. Kalau orang salah berkomunikasi denganku pun aku anggap, "Ah itu memang stylenya dia." Ga pernah ada yang masuk ke hati. Kalaupun ada yang tidak mengenakkan, paling aku menarik diri sebentar kemudian memulai lagi komunikasi dengan hati yang sudah tenang.

Tapi tidak semua orang bisa menerima cara berkomunikasiku yang terlalu lugas. Udah berusaha sedaya upaya tapi ternyata masih ada nyangkutnya. Sepertinya aku harus ngambil kursus komunikasi nih agar menguasai seni berkomunikasi. Seni komunikasi ternyata tidak semudah teori, perlu praktek terus-menerus dengan seluruh golongan. Berhasil dengan sekelompok orang, belum tentu berhasil dengan kelompok lainnya.

Intinya : hari ini aku mengakui aku harus lebih banyak belajar seni berkomunikasi ...

5 comments:

Sri Sarining Diyah said...

seni berkomunikasi itu memang unik, hehe...

patra rina said...

iya Ri ... kadang berhasil dengan sukses
kadang engga sama sekali ..
apalagi bermain sama perasaan .. hmm.. aku perlu latihan dari kamu nih kayaknya

Sri Sarining Diyah said...

hihihi akupun masi belajar kog mba....

mona ^_^ said...

kadang, aku bisa menjadi amat sangat lugas dan sangat bisa berkata 'ah, itu emang style-nya dia' dengan legowo

tapi, ada saatnya aku sangat berhati-hati, juga sensitiiiffff sekali saat orang berkata-kata, trus jadi kepikiran, trus jadi sedih, trus jadi ga mood *curcol

tentu saja aku juga masih terus belajar...ayooo masuk kelas, saatnya belajaarrrr :D :D

patra rina said...

Iya, uni juga sering kok begitu Mon
apalagi memang di hari2 sensitivnya wanita
tapi harus dibasmi dengan cepat he he