Wednesday, March 14, 2012

Leadership is Lonely

MP,

Aku lagi ga tahu nih mau curhat sama siapa. Sebagai pimpinan sebuah organisasi aku harus pandai-pandai memilih teman curhat. Salah-salah, bukan masalahku aja yang ga selesai tapi organisasiku juga bisa dipertaruhkan. He he jadi ingat waktu menghadiri Young Asia Leadership, dimana para pemimpin muda asia waktu itu punya jargon "Leadership is Lonely". Kalau dipikir-pikir sih betul juga. Bawahan punya masalah bisa curhat sama atasan tapi atasan kalau punya masalah harus mikir berkali-kali .. harus curhat atau ga, kalau mau curhat sama siapa .. karena dia tak lagi menjadi dirinya sendiri tapi dia menjadi bagian dari kelompoknya.

Begitulah ..

Sebenarnya kali ini bukan masalah besar sih say. Ada orang yang merasa punya masalah denganku tapi dia ga pernah ngomong ke aku. Nah lo, buatku .. ketika orang ga menyampaikan sesuatu padaku, aku anggap aku ga punya masalah apa-apa sama dia. Logic ga sih ?
Teman-teman bilang, status-status FB nya ditujukan kepadaku .. tapi aku tetap aja pada pendirianku, selagi dia ga tulis namaku .. aku ga peduli. Benar-benar, for me ... Life is so simple, so beautiful .. dan ga harus dirusak oleh hal-hal ga penting.

Lagian kalau benarpun, aku takkan pernah melayani dengan cara yang sama. Bagiku pantang sekali, punya masalah dengan orang lain trus aku "bernyanyi" di belakangnya. Islam juga punya aturan keras tentang itu "Bergunjing hukumnya sama dengan memakan bangkai saudara sendiri."
Hari ini, orang yang dimaksud kirim email kepadaku dan bilang kalau dia terganggu dengan status-statusku. Dia merasa status-status itu ditujukan kepadanya, padahal yang aku tulis adalah tentang Positive Thinking, Memberi Lebih Baik dari Menerima, Arti Damai, Arti Memahami dan segala hal berlaku umum lainnya untuk kebaikan.

Hmm.... jadi ingat kamu MP. Aku nulis apapun, ga ada tuh teman-temanku MPers yang protes. Semua benar-benar seperti saudara di sini. Kok beda ya ?
Hari ini aku benar-benar ingin curhat walaupun aku pasti akan ngomong langsung sama seseorang itu. Setidaknya izin aku untuk berkata, Leadership is Lonely.

Makasih MP yang baik
Aku ngelanjuitin kerja dulu ya...

Semangat!
*lebih baik mikirin someone yang akhir-akhir ini bikin hidupku lebih bersemangat*

13 comments:

Rida Ariyati said...

wuih uni Patra kok endingnya keliatan Happy sich hihi lagi mikirin someone yg bikin semangattt ya *ehmmmm hati2 lhooo
aku jg pernah merasakan apa yg uni rasakan, mmg sich dalam islam kita ga boleh berprasangka buruk, karena sebagian prasangka adalah dosa.

Aku bisa memahami sikap Uni yg easygoing dlm menghadapi masalah itu utk selalu berpositivethingking namun aku rasa ...hmmmm coba deh Uni bicara dari hati ke hati dgn teman yg mencap Uni itu .. hmm ya sich ga mudah mungkin ibaratnya tuh utk meng klop kan "mur " dan "baut" kadang perlu ..sedikit gesekan hehehehe

pokoke tetap positive thinking n semangaaat Uniiii :d

APRILLIA EKASARI said...

diajak bicara langsung aja yg pny masalah

patra rina said...

Sebenarnya dulu ada masalah dan sudah saling memaafkan. Makanya udah uni anggap selesai alias ga akan ada masalah lanjutan. Benar-benar ga ada pikiran ke sana karena sudah diselesaikan baik-baik tapi tidak semua orang ternyata bisa menetralisir persoalan yang ada

Iya, ini lagi diusahain agar dia bisa ngomong langsung lagi

Makasih ya ..

patra rina said...

Iya, insya Allah sista

terimakasih atas masukannya

Rida Ariyati said...

Yakinlah uni .. apa yang datang dari hati pasti akan diterima oleh hati .. hummm cie cie :d .. sama2 Uniiii

yelli ordinary people said...

moga apapun selesai dengan baik ya uni:)

patra rina said...

Aamiin... makasih ya yelli sayaang...
Iya, setidaknya ini jadi pembelajaran untuk lebih baik dalam berkomunikasi

Sayang Kamu said...

Iya, Pat. Makin di atas makin sepi karena susah buat curhat ke bawahan. Kurasa Patra udah bijak menanganinya. Bicarakan terus terang dan langsung sama yang bersangkutan. Kalau dia gak terima juga, ya sudah, gak usah jadi kepikiran. Fokus aja ke hal-hal lain yg lebih penting.

patra rina said...

Sudah tapi ditanggapi dengan berangasan lagi lewat tulisan ... ha ha ha
Akhirnya milih untuk mendiamkan saja sampai dia berani menderingkan telepon atau datang untuk membahasnya

Makasih ya sist...

mona ^_^ said...

ini yang paling menarik dari semua kata-kata yang tertulis...uhuk uhuk

Sri Sarining Diyah said...

cuekin ajah mb...

patra rina said...

ha ha ha ... kenapa magnet "someone" begitu menggoda Mona ? yang sekarang makin manies ? :)

patra rina said...

Iya, baik Ri
dia meradang karena dicuekin ...
dan sekalinya dibalas malah makin ngamuk .. ga jelas
sekarang dah aku blok :)