Tuesday, March 20, 2007

Camar dan Mayar

Tiba-tiba secarik kertas melayang di depanku. Hanya sebuah sobekan kecil. Ah, paling juga seniorku itu iseng kayak teman-teman lainya coz aku juga hobi ngisengin mereka sih. Tapi disertai suara "Baca dek!", pelan tapi tegas. Udah, dia berlalu gitu aja. Hmm.. ada apa ya?

Di kertas itu tertulis sebait puisi :

Berhentilah menjadi camar

yang sesekali memecah buih

kemudian terbang lagi

Jadilah mayar

yang dengan anggun menata sarang

Lamat-lamat aku bertanya dalam hati "Apa pesan yang ingin disampaikan Kakakku ya ? Apa kesalahan yang udah aku perbuat?"

Kakakku itu memang hobi bikin puisi tapi kali ini serasa ada yang lain. Ada teguran untukku, aku tahu itu.. tapi tentang apa ?

Penasaran kucari sosoknya yang ternyata tengah nongkrong di plaza, tempat kami ngumpul waktu istirahat kuliah. Tanpa bisa nyembunyiin rasa penasaran, aku buru jawabannya.

Aku kaget ketika dengan tenang dia berkata, "Pat, kamu nyadar ga ada beberapa hati yang terluka karena kamu begitu peduli sama mereka eh tapi hanya sebatas itu, sementara di hati mereka tumbuh perasaan lain yang kamu ga pernah tahu. Udah gitu, mereka nyadar perhatian kamu ga istimewa karena kamu merhatiin yang lain sama seperti itu juga. Perih buat mereka, de"

Begitukah ? Aku ga pernah tahu karena aku ga pernah berniat dan menyadari kalau aku telah menjadi camar yang sesekali menerpa buih dan meninggalkan perih. Kalaupun aku menjadi camar, aku takkan pernah ingin melukai buih, kan kulabuhkan kakiku di karang tegar.

Menjadi mayar ? Betapa inginnya aku.. tapi adakah mayar lain yang bersedia menemaniku? Karena terbangku masih akan sangat jauh...

Semoga...

Sobekan kertas berisi puisi itu tak pernah kusimpan ... Sekarang jadi ingat lagi karena setiap kali kata-kata camar mampir di telinga, aku akan selalu ingat nasehat itu.








14 comments:

army widyastuti said...

cihuii.... **barupengenngeledekinpatra**

terbanglah yang jauh bersama mayar itu karena mengikat janji tidak akan menghalangi terbangmu, sebaliknya akan jadi Pelejitan Potensi Dua Insan

eva novita said...

Ketika perhatian yg diberikan adalah perhatian yg tulus, ikhlas tanpa mengharap pamrih, tentu akan terasa beda. Dan kalo ternyata perhatian yg kita berikan meninggalkan jejak yg dalem, its not ur fault dongs. Kita ga pernah tau kan apa yg orang rasakan tg kita dan apa yg orang harapkan dari perhatian kita. kl mereka ga pernah ngomong apa yg mereka rasakan, gimana kita bisa ngerti apa yg diharapkan?

Seperti kita juga yang mengharapkan mereka untuk mengerti apa yg kita rasakan. Kl ga diungkapkan, gimana mereka bisa ngerti? (ehm..talking to myself ini mah.. :P )

Perih?
Perih adalah salah satu bumbunya cinta dan kasih sayang. Sperti perkataan salah seorang yg baru aja aku baca salah satu blognya, kl rasa sakit, perih itu adalah bagian dari cinta. tanpa rasa itu kita ga akan pernah tau rasanya cinta. Ugh..So sweet ya..even its hurt

Camar dan Mayar ini membuat hatiku agak bergolak membacanya. Rasanya seperti berkaca pada diri sendiri. Tapi ga boleh keterusan jadi mellow ah..

Somehow.. somewhere.. some time.. akan ada Mayar yang akan selalu siap mendampingimu terbang kemanapun kau inginkan, sejauh apapun kau sanggup terbang.

hallo.. Sang Mayar...!!!
Adakah kau mendengarnya????

uNi ReNi said...

ehm.. ehm ^_^

Diana Rochayani said...

kalo udah berpuisi seperti ini mah no komen aja dah :p
*evong make hate kitu ngomongna, euy! :D*

gloria amadea said...

;))

eva novita said...

i'm just talking to myself...
huhuy deuh....

Stalis Armando Rodado said...

eh tapi camar kan punya rejekinya sendiri? haha, raja ngeyel. tapi itu udah resiko kalo punya pembawaan suka perhatiin orang lain. it is not your fault, mungkin bikin patra ketemu sama camar lain?? :-)

patra rina said...

Masih diuji kesabarannya nih My. Ga salah kan kalau ternyata kepakan sayapku sangat kuat? Tapi terbang sendiri ternyata sepi juga euy ! Makasih doanya :-)

patra rina said...

Mengungkapkan ? Dengan cara apa ya ? Tidak banyak orang yang mengerti bahwa muslimah juga boleh jatuh cinta, juga boleh punya harapan akan kehadiran seseorang yang dirasanya layak menjadi imam dunia dan akhirat. Tapi kalau ilmunya ga sama, akankah marwah muslimah tersebut tetap bisa dijaga ? Bisakah silaturahmi itu tetap berlanjut kalau jawabannya berupa penolakan ? Hahaha.. ini sebentuk ketakutan terhadap harapan yang mungkin aja ga terkabul. Ya Vonk ?

patra rina said...

Ini bukan puisi Di, ini perasaan hati yang sungguh-sungguh. Orang ga tahu aja klo sang "camar" telah menemukan tempat hinggap :-).

Popon Kurniasih said...

Kata ahli puisi (gw yg ngaku, hehe!)...tetep ikuti kata hati ni...sok lah pasti mayar pada nempel2 terus...haha! Intinya mah buruan ketemuan sama mayar itu say! tinggal menggunakan bahasa dan nyampe deh di sarang...(huhu, emang gampang gitu?gw aja pusing..beneran!) tapi tips itu udah masuk daftar uji coba aku ni, dan tingkat keberhasilan tetep 50:50 heheu...

patra rina said...

Amin.. Amin ya Rabbal 'alamiin... Mayar yang tangguh... aku telah menemukannya tapi mungkin dia tak mampu membaca hatiku .. hahaha.. kebawa mellow evonk nih
Tapi, benar lo... selama ini doa terangkai tetap aja ... dia lagi.. dia lagi.. Oho, mayar itu tahu ga ya ?

patra rina said...

Hasil terbang nih mba.. udah kelihatan sih mayar lainnya... tapi gimana cara ngajakin dia buat terbang bareng ya ? hehe... masih terpesona ama love story mba Stalis nih...
It's hard for me to fall in love with someone but sekalinya.. susah pindah ke lain hati.. tapi I dont know how to tell him. Lha, jadi curhat nih.... Siapa tahu ada yang lain juga yang ngalamin hal yang sama hehehe..

patra rina said...

Dponz sobatku tercinta... motivasimu pada diriku bikin aku ga pernah ngerasa kehilangan dirimu walo lucu juga ngebacanya.. Gimana agar yang 50:50 setidaknya bisa 50:51 untuk tahu kemana kepakan sayapnya say ? ... Pusing emang tapi tetap aja melaju mengikuti arah angin.. suatu saat akan hinggap di tempat yang sama. Amin. Huuhuhu...