Wednesday, April 11, 2007

Bagaimana cara ngurus visa ke USA ?

Hari ini aku dapat surat resmi sebagai undangan atas pengajuanku untuk mengikuti kursus singkat tentang Tsunami Preparedness di University of Washington. Ada senang dan ada engganya. Senangnya, aku dapat kepastian tentang keikutsertaan aku sebagai salah satu peserta. Engga nya, ternyata aku hanya boleh ngurus J-I Visa yang artinya aku ga boleh extend untuk keberadaanku di sana. Hm.. belum-belum aku udah mikirin reunian sama teman-teman ku di San Fransisco... Kata mereka, jarak dari Seattle ke Washington hanya dua jam pake pesawat dan mereka ingin sekali aku bisa stay lebih lama.


Aku ga mau mimpi teralu jauh dulu.


Buat teman-teman yang udah pernah ke Amerika, tolong aku donk please..


1. Gimana cara ngurus visa ?


2. Apa aja dokumen yang harus disiapkan ?


3. Ujian proficiency Englishnya susah engga ? (Englishku masih amburadul soalnya)


4. Haruskah nyiapin "uang tunjuk" seperti di Singapore ?


Terimakasih ya...


 


 

24 comments:

nura hendra said...

Ikut mendoakan aja mbak Patra... semoga bisa sampai di Amerika, kursus singkatnya sukses... boleh mampir di Montreal lho.....:):)

(gak ikut kasih masukan ttg visanya karena cuma pernah ngurusin imigrasi buat ke Canada:), tapi kalo dr Canada ke US lebih mudah..)

Tomi Satryatomo said...

- Lihat website kedutaan AS di Jakarta (di-google saja. Aku tak hafal alamatnya)
- Isi formulir pengajuan visa on-line di website tersebut. Kedutaan tidak menerima formulir yang diisi dengan tangan atau dengan cara lain
- Seluruh kelengkapan dokumen yang dibutuhkan ada pada website tersebut
- Setelah lengkap, print dan siapkan semua dokumen yang dibutuhkan termasuk pas foto (ikuti petunjuknya karena beberapa orang ditolak gara-gara pas fotonya salah).
- Dari website, kita akan diberitahu tanggal berapa akan dipanggil.
- Antri pagi-pagi sekali di kedutaan. Fyi, pukul 6.30 antrian sudah panjang sekali.
- Siapkan uang Rp.920 ribu juta untuk biaya pengurusan visa. Uang ini tidak akan dikembalikan jika visa ditolak.
- Pada saat wawancara, bicaralah dengan tegas dan jelas tentang maksud serta tujuan keberangkatan. Jangan terkesan ragu atau main-main. Jawaban seperti hanya jalan-jalan atau kunjungan wisata biasanya akan berujung pada penolakan. Siapkan semua dokumen jika diminta. Jika lancar, wawancara akan selesai dalam waktu kurang dari 10 menit dan kita akan diberi kupon berisi tanggal pengambilan visa (biasanya empat hari setelah wawancara).
- Jika ditolak, tak ada tawar menawar. Seluruh proses harus diulangi lagi. Jadi siapkan permohonan visa jauh-jauh hari.
- Saat mengatur perjalanan ke AS, upayakan waktu transit minimal empat jam di terminal kedatangan internasional untuk mengantisipasi kemungkinan pemeriksaan imigrasi khusus yang biasanya diberlakukan bagi warga negara Indonesia, terutama lelaki. Ketinggalan pesawat lanjutan akibat pemeriksaan ini sudah biasa, jadi jangan panik, segera minta tiket pengganti.
- Saat pulang, upayakan waktu transit yang cukup sebelum terbang keluar AS, karena harus lapor kantor imigrasi di terminal keberangkatan. Jika lalai melapor, maka besar kemungkinan tidak akan bisa ke AS lagi walaupun visa masih berlaku.

Selamat atas terpilihnya Dewi untuk kursus ini.

Good luck!

Diana Rochayani said...

Waaaahhhh.... tujuan utama Uni ke Amrik mo pelatihan Tsunami ato bertemu dengan *beep*? hihihihihi....

. lila said...

kenapa sih mbak kok visa amerika, minta aja negara lain mbak, orang US suliiiiit.... mereka penakut

Deshinta Arrova Dewi said...

Sorry nggak bisa bantu ya say......krn saya dapat visanya di Kuala Lumpur.......bisa lihat di MP saya, halaman depan, dokumen apa saja yang diperlukan untuk visa Amerika. Tapi ya itu, saya applynya di KL.........gud luck.......

patra rina said...

Makasih Nura
Ini juga sedang diperjuangkan dulu
udah ada sih guidance dari panitianya
Nah itu dia, J-I visa ga boleh utk tourist visa :-(

patra rina said...

Mas tommy,
makasih ya.. keterangannya lengkap sekali
Aku udah copy paste and save di word document... jadi bisa ngikutin step2nya
Aku pengen banget ngurus visa tourist.. karena mau stay longer di sana
Thanks ya...
Rada berdebar juga nih...

patra rina said...

Dua-duanya Di ... !
justru motivasi terkuatnya.. bisa reunian ama mereka di sana, hiks
habis mereka udah sering banget berkunjung ke Padang kan ?
Giliran uni donk :-)
"beep" nya siapa ya ?
mau yang sebelahan kampung aja ah ;-)

patra rina said...

Karena menuntut Ilmu boleh kemana aja
Nah, sekarang undangannya datang dari University of Washington, masa apply nya ke negara lain ?
Wah, saya ga setuju tuh dibilang orang US sulit karena saya pernah jadi relawan kemanusiaan bersama mereka setelah Tsunami Aceh dan mereka memperlakukan kami sangat sopan dan santun.. bahkan sangat care dengan jadwal-jadwal beribadah sehingga .. bos akan bilang "yang muslim segera shalat, jangan buru2.. take your time" setipa kali jadwal shalat datang... Nanti deh saya cerita khusus betapa istimewanya pertemanan dengan mereka.
Negaranya emang kejam tapi tidak semua masyarakatnya begitu :-). Masih banyak orang baik di sana ;-)

patra rina said...

Gapapa mba Shinta
Doa dan support mba udah banyak ngebantu kok ..
Pass English prociency .. maksudnya apa mba ?
terimakasih ya...

Deshinta Arrova Dewi said...

Krn di Malaysia English is widely spoken, jadi tidak ada requirement itu.........saya merasa beruntung banget apply di malaysia, mana antrinya nggak lama....:-))
sorry tak dapat bantu, patra...

patra rina said...

Iya.. ya
hihi cepat banget balasnya ?
mba klo punya ym, add patra ya : farahlagi@yahoo.com
makasih mba .. pensyarah yang cantik :-)

Deshinta Arrova Dewi said...

emang kebeneran lagi buka page kamu nih..saya add ya, krn saya juga lagi online..

patra rina said...

iya mba, tapi patra udah mau udahan..
lain kali kita chat ya mba
mau kerja dulu :-)
luv mba

Diana Rochayani said...

hahahaha!
kalo ternyata si Mr.T dapet hidayah?
pilih yang sebelah kampung ato sebelah benua? ;)

patra rina said...

Hmm.. yang sebelah kampung kayaknya mission impossible banget deh
Pilih sebelah benua aja klo gitu mah :-)
Hiks..hiks....
Pilihan yang sulit

Deshinta Arrova Dewi said...

Oo Patra, saya kayaknya ngerti deh...itu English Proficieny TOEFL kali...karena Patra kan ke sananya mau kursus... jadi harus meet requirements set by Univ of Washington.......
Duh sayang yah, dapat visanya J-I visa...kalau saya kebeneran dapat tourist visa yang 5 tahun, multiple entry.....duh.....gimana yah nolongnya... hmm mungkin kalau break aja, ke SF nya...atau weekend gitu yah duh... jadi kesian.......

~ Ёleonora Hedvall~ said...

kalo' ada undangannya dari tempat kursusnya ya gampang kok biasanya... coba telpon USA embassy aza u/ document2 yg dibutuhin apa aza.

patra rina said...

Makasih mba Nora
Hmm.. berarti untuk ngurus visa tourist juga bisa gampang ya mba ?
soalnya .. patra cuma dapat J-I visa yang hanya untuk training itu.. ga boleh extent
Iya deh, ntar aku cari info lagi

patra rina said...

Oh, gitu ya mba ?
ya udah deh dijalanin aja
ga mungkin apply dua visa ya mba ?
tanggal 21 juli - 2 agust untuk J-I Visa
selebihnya untuk visa turis ?
hmm.... iya nih rada sedih
tapi udah ah, moga bisa lulus aja dulu
selebihnya...
teman2 di SF mau kok ke Seattle katanya :-)
thanks ya mba

Sha - said...

heheh udah dijawab ama yg diatas... liat di web embassy aja mbak.. btw visa turis kan??? kalo visa J-1 setahun kalo gk salah.. dan mesti pake surat yg warna pink (lupa aku namanya apa)... yg jelas pokoke antri mesti pagiiiii.. congrats ya uni... kapan2 maen lagi ke humaira.. makan goreng +teh poci kita kekekeke

patra rina said...

Engga Sha, cuma boleh sesuai ama jadwal training
Gapapa deh, siapa tahu lain kali ada jalan buat just travelling
Ini juga masih dag dig der untuk ujian Englishnya hihihi...
doain lulus ya Sha...
Thanks ya, moga lulus ah.... Amin ya Rabb

dhimas A Wijanarko said...

saya 2 tahun ngurusin visa j-1 untuk training dan internship di hotel, dulu saya kerja di ITN... Cara prosesnya ga terlalu rumit, hanya saja approval visa nya bnar2 diperketat semenjak akhir tahun 2009 karna bermacam issue ttg keadaan ekonomi dan kualifikasi kandidatnya. Namun skrg kelihatannya udah ada beberapa yg mendapatkan approval... Skrg saya jg lg nyoba klarifikasi ke bnp2tki apa ada prosedur yg mungkin bisa membantu membantu memperbesar kemungkinan approval sesuai aturan, bukan dgn uang pelicin atau nitip dan sgala macemnya.. Ikutin aja instruksi di web resmi konsular US... domain web nya state.gov, jgn sampe salah... Kalo butuh info lg ga usah segan, hub aja ke nomer saya di 0817435264... Smoga sukses sis...

patra rina said...

Dhymazh, Alhamdulillah saya sudah dapat visanya, multi entry untuk lima tahun. Makasih banyak