Wednesday, December 16, 2009

Pusat Rawatan Herbapaty Warisan

Pusat Rawatan Herbapaty yang kini berubah nama menjadi Pusat Rawatan Islam, klinik kecil yang terdapat di No. 15 dan 15A, Jalan Anggerik Doritis BB 31/BB, Seksyen 31 Kota Kemuning 40460 Shah Alam Selangor Darul Ehsan memang termasuk Klinik yang unik karena hanya memiliki seorang dokter yang akrab dipanggil “Cik Man” yang dengan karunia Allah beliau mampu mengobati segala macam penyakit yang dikeluhkan pasien.  Tak heran kalau dari Senin sampai Kamis klinik ini selalu disesaki oleh hampir seratus orang setiap harinya.

Bagi teman-teman yang ingin berobat ke sana atau yang ingin mengantar saudara berobat ke sana, maka ini syaratnya :

  1. Harus sabar ! Karena ada kalanya Cik Man tidak masuk klinik tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada stafnya. Walaupun sudah bikin janji, janji tersebut bisa saja dibatalkan. Tidak sedikit pasien yang datang dari jauh kecewa karena berkali-kali gagal berobat disebabkan sang dokter satu-satunya Cik Man tak ada di tempat.
  2. Harus percaya ! Percaya bahwa Allah menitipkan “keistimewaan” kepada Cik Man sehingga beliau bisa mengetahui bermacam penyakit hanya dengan memegang pergelangan tangan tanpa harus bertanya kepada pasien. Percaya atau tidak, semua penyakit yang “terbaca” oleh Cik Man jika dibandingkan dengan hasil diagnose rumah sakit akan sama persis! Tapi beliau hanya butuh 30 detik, ditambah 30 detik lagi memaparkan tindakan yang harus dilakukan; dioperasikah, mengkonsumsi obat saja atau tidak dilakukan tindakan apa-apa (jadi Cik Mat juga tidak mau memaksa melakukan apa yang beliau tidak bisa lakukan).
  3. Harus tawakal! Bahwa Cik Man juga manusia biasa yang bertindak sebagai perantara untuk kesembuhan penyakit.  Kadang-kadang penyakit tidak serta-merta sembuh karena memang pengobatan beliau bukan sulap atau “magic” tapi memang pengobatan yang realistis. Jadi, mungkin saja harus datang beberapa kali untuk menyembuhkan satu penyakit, seperti : kanker.  Jadi, tetap berdoa kepada Allah dan terus berikhtiar untuk kesembuhan.

Apa yang harus dilakukan jika ingin berobat ke sana ?

  1. Untuk yang dari luar Malaysia, tentu saja pastikan anda punya paspor, punya NPWP (untuk bebas fiskal) dan bawa uang yang cukup untuk akomodasi dan transportasi.  Catatan : harus membawa saudara! Untuk yang akan operasi, tidak bisa datang sendiri karena ada surat persetujuan pengobatan yang akan ditandatangani oleh ahli waris.
  2. Telepon klinik sebelum memutuskan berangkat ke sana! Walaupun sekali lagi, ini tidak bisa memastikan bahwa pengobatan bisa dilakukan tapi setidaknya jika memang Cik Man tidak ada. Tapi lebih baik sedikit tahu daripada tidak tahu sama sekali. Ini nomor telpon klinik : +60(03)51210098 atau +60(03)51220366. Teleponlah sekitar pukul 13.00 – 15.00 WIB karena pagi-pagi staf klinik sangat sibuk melayani pasien. Lebih baik menelfon pada hari Senin karena menurut kebiasaan, Cik Man jika datang pada hari Senin, berarti selama seminggu beliau berada di tempat tapi jika hari Senin sudah tidak ada, maka berkemungkinan beliau tidak akan masuk selama satu minggu bahkan sampai satu bulan.
  3. Jika staf klinik mengatakan bahwa Cik Man ada, mulailah pesan tiket pesawat setidak-tidaknya berangkat pada hari Rabu jika tidak dapat pesawat untuk hari Selasa (sebaiknya hari Selasa), karena jika tiba di klinik lewat dari pukul 07.30 pagi berarti kesempatan  bisa berobat pada hari itu sangat tipis! Orang-orang sudah mulai berdatangan mulai dari pk. 05 pagi, tidak terkecuali untuk yang sudah bikin janji (datang kedua kali dan seterusnya).
  4. Bagi yang tidak punya saudara di Shah Alam dan sekitarnya, mulailah “booking” hotel. Ada dua hotel yang biasa digunakan oleh pasien untuk menginap : Hotel Subang Jaya : +60(03)56330128 atau Sri Muda Corner (SMC) Hotel : +62(03)51246503. Kedua-dua hotel ini terletak di tempat yang strategis, terutama berdekatan dengan tempat makan. Tapi SMC lebih dekat ke klinik, kurang lebih 15 menit pakai mobil atau 15 ringgit dengan taxi sementara Hotel Subang Jaya berjarak kurang lebih 30 menit yang berarti ongkos taxi juga bisa lebih mahal. Atau yang lebih mudah lagi telepon seorang penyedia jasa bernama Anwar +60176631377 atau Ina : +60123776158. Oh ya, kamar di hotel tersebut rata-rata 65-100 ringgit tergantung berapa orang yang akan menginap. Dan, yang paling baik adalah : punya saudara atau teman yang baik hati dan bersedia untuk ditumpangi (special thanks to my good friends : Bolly and Pipin)
  5. Supir taxi biasanya tidak familiar dengan lokasi klinik, jadi lebih baik menghubungi perantara (jika ditanya ke staf klinik, maka staf klinik pun akan merekomendasikan “orang” ini. Coba saja tanya “Ada yang bisa jemput saya ke hotel dan antar saya ke klinik tak?”), tapi lewat aku juga boleh tanya nomor kontaknya kok. Kalau akan diantar saudara, lebih baik survey lokasi dulu pas hari kedatangan.
  6. Datanglah sebelum pukul 7 pagi  waktu setempat karena biasanya pk.7 pagi sudah banyak yang berdatangan (lebih pagi lebih baik, terutama untuk yang pertama kali ingin check up/tahu penyakit). Buat nama di kertas yang disediakan. Ada di tembok di depan klinik. Karena pasien pertama kali datang akan dipanggil/diurutkan berdasarkan daftar nama yang telah diisi. Sediakan paspor atau kartu identitas!
  7. Klinik dibuka pukul 7.30 Waktu setempat. Jangan meninggalkan klinik sebelum nomor antrian diberikan oleh petugas klinik karena kesempatan berobat bisa hilang! Staf klinik akan memberikan nomor antrian sesuai dengan urutan pada kertas yang telah diisi. Paspor akan disimpan sampai check up selesai –untuk digunakan sebagai kelengkapan administrasi.
  8. Pengobatan akan dimulai pk. 8.30, jadi masih ada kesempatan sarapan bagi yang belum sarapan atau lebih baik tidak sarapan bagi yang akan menjalani operasi di sekitar wilayah perut.
  9. Untuk yang bernomor urut 1-5 (baik untuk pertama kali datang, untuk yang akan operasi/rawatan/sudah bikin janji, untuk yang follow up) segera menuju ruang tunggu berobat (lantai 2) untuk menunggu giliran dipanggil jika tidak ingin “disalib” orang lain.
  10. Bersabarlah sampai giliran dipanggil karena ruang tunggu yang sangat sempit. Jika hanya check-up, usahakan pengantar (yang tidak akan berobat) tidak berada di ruang tersebut. Tapi jika akan operasi, maka saudara / ahli waris harus berada bersama-sama pasien. Dan jangan buat bising alias jaga ketenangan.
  11. Pasang telinga baik-baik karena kadangkala nama pasien hanya dipanggil satu kali! Di lantai 2 ada empat ruangan yang difungsikan sekaligus. Ruang 1 biasanya untuk pasien pertama kali datang, ruang 2-4 untuk operasi. Ruang 4 sesekali digunakan untuk “dressing” (cek bekas operasi sehari setelah operasi dilakukan).
  12. Setelah bertemu Cik Man (baik untuk check up, operasi, dressing, follow up), turunlah ke lantai dasar untuk melakukan pembayaran. Bagi pasien check-up buat janji untuk operasi, dst. Biasanya operasi dijadwalkan satu minggu ke depan setelah check-up dilakukan dan tak bisa ditawar-tawar kecuali Cik Man (dokter) menyatakan bahwa pasien dalam keadaan kritis dan harus segera dioperasi.  Biaya check-up hanya RM 20 (Des 2009,red) tapi biaya untuk obat-obatan sebelum operasi bisa mencapai RM400/orang tergantung jenis penyakit.
  13. Tanyakan kepada staf klinik perkiraan biaya berdasarkan jenis operasi yang akan dilakukan. Karena adakalanya pasien harus menjalani tiga jenis operasi dan dipersilakan memilih operasi mana yang ingin dilakukan terlebih dahulu.
  14. Jika prosedur di atas bisa dijalani dengan baik, maka untuk operasi, dressing dan follow up pun akan lancar karena prosedurnya sama.

 

Hal-hal yang juga sebaiknya diketahui :

  1. Untuk mendapatkan visa di Malaysia, biasanya penumpang pesawat ditanyai tiket pulang, maka sewaktu memesan tiket, pesanlanlah tiket pulang dengan tips berikut : Jika check up hari Senin, maka berkemungkinan operasi adalah hari Senin atau Selasa minggu depan, dst. Sehari setelah operasi, akan ada dressing (mencek bekas operasi dan tukar plester). Untuk operasi “major” (perut dan sekitarnya) biasanya dicek langsung oleh Cik Man, sementara operasi kecil dilakukan oleh staf klinik.
  2. Setelah operasi, usahakan mengkonsumsi pati ikan Heruan (pati ikan lele) untuk mempercepat penyembuhan luka dalam dan jel Gamat untuk penyembuhan luka dari dalam (walaupun luka hanya seperti ditoreh daun tebu)
  3. Biaya operasi bervariasi; RM 500 – RM 4000 tergantung kesukaran operasi yang dilakukan
  4. Dokternya (Cik Man) ramah dan baik sekali
  5. Operasinya tidak sakit, tidak dijahit dan pasien bisa langsung pulang setelah beristirahat sejenak setelah operasi (untuk operasi major)
  6. Di depan klinik tidak ada tempat khusus untuk menunggu, jadi menunggu klinik dibuka, calon pasien “ngemper”.
  7. Harus disiplin untuk tidak memakan “pantangan” jika memang ada yang dipantangkan untuk dikonsumsi.
  8. Jangan pernah mencoba berbohong karena pasti akan ketahuan J.
  9. Di dekat klinik ada restoran melayu, ada mini market 24 jam
  10. Di depan klinik juga lewat bas mini atau bus Rapid KL menuju Taman Sri Muda (tempat dimana Hotel Sri Muda Corner berlokasi).

 

31 comments:

Restu Maulida said...

Jazakillah khoir info lengkapnya... (pengen bw mamah ke sana) :) mg2 Allah mengizinkan, amiiinnn.......

Susantri Yenoza said...

pat, kalo anak2 juga bisa? ada g testimoni g buat anak yg hiperaktif gitu? atawa yg lain sebagainya. thx ya pat. bagaimana skrg pat, dah bisa loncat2?

patra rina said...

Alhamdulillah, Senin dioperasi Rabu pagi sudah bisa angkat koper 20 kg dua biji tuh buat masuk Xray dan check-up ... trus langsung ke kantor gubernur menghadiri acara KOGAMI... trus besok ngantor lagi... naik motor... loncat dan lari insya Allah ga ada halangan... :) tapi tetap harus jaga-jaga aja luka di dalam ga berantakan, luka luar sih udah ga ada bekas ;)


Testimoni anak hiperaktif belum pernah dengar dan beliau perlu check terlebih dahulu. Moga bermanfaat

Susantri Yenoza said...

okeeeh...kereen..perlu direkomendasikan buat temen2 yg lain ni

Mohd Afiffuddin Yaacob Puden said...

amin

Mohd Afiffuddin Yaacob Puden said...

makasih di atas infonya. mau coba.

anindya putri said...

tambahan, klinik hanya menerima ringgit untuk pembayaran.......hai perkenalkan sesama pasien cik man qta. Bulan depan aq masih harus datang untuk follow up niy.......doanya ya

patra rina said...

Amin. Semoga melalui Cik Man, Allah menyembuhkan ...
Alhamdulillah sejak dioperasi aku ga pernah lagi sakit kepala. Dulu ... duh ga tahan... semua orang yang lihat juga ikut merasakan sakit. Alhamdulillaah...

rosli hamid said...

asalamualaikom,
bagaimana raksi orang keliling,,(org yg sakit ulangan) adakah positive atau negative,

patra rina said...

wa'alaikumussalam
ada yang berhasil ada juga yang belum sembuh
tergantung juga dengan masing-masing orang
saya tidak lagi sakit kepala sampai sekarang
tapi ibu saya masih susah berjalan... mungkin karena sudah tua juga

mia mutiarista said...

Alhamdulillah saya senang sekali membaca tulisan anda,Insyaallah infonya dapat membantu.gimana hasilnya setelah dibedah? apakah kelihatan bekas operasinya?.....saya jg ingin berobat kesana.Ditunggu jawabannya ya mba...

patra rina said...

dampaknya : saya ga pernah menderita sakit kepala lagi
dan bekas hilang dalam waktu 7 hari

anwar jambak said...

Bagi yang ingin berobat kesana bisa hub. saya di +6017 66 313 77, kebetulan saya domisili di Sekitar Kualalumpur, dan sudah banyak orang sakit yang saya antar ke sana, (Jakarta,Padang,Pekanbaru, dan Malaysia)-Anwar

alexa keys said...

akak saye nak bawa uncle saye berobat kesana, bile bagusnye saye datang... thanks

patra rina said...

coba saja telepon nomor yang saya berikan di atas

nida rahman said...

bagaimana doktornya boleh operasi, kemudian pesakit terus dapat balik ke rumah? adakah doktor menggunakan jin untukk memulihkan peskit?

patra rina said...

I dont think so, Allah memberikan karomah pada orang-orang yang dikehendaki-Nya

Joe Joe said...

Hai sis, mau tanya, kl dr ini bisa mengobati sakit lutut? Terima kasih

patra rina said...

Datang saja....
dan seperti yang aku bilang, jangan terlalu berharap
karena mama udah 10 kali bulak balik ga ada hasilnya

Kustirah Heroe said...

Asw,
Mbak DEWI yang baik, terima kasih informasinya yang bermanfaat. Saya Kustirah di jakarta. (0817112401). Sy punya masalah berat dengan lambung saya dan saya pengen banget berobat ke Clinic Cik Man, tp saya pengen denger lsg pengalaman mbak Dewi, boleh kita halo2an.... Would appreciate for quick respons. Kus.

Bee Bagz said...

thanks for sharing ..

ninggalin jejak ya mba, mana tau butuh ^_^

homestay kota kemuning said...

jika anda mahu penginapan yang terdekat untuk ke pusat rawatan ini, anda boleh dapat info disini .. jaraknya hanya kira kira 1km sahaja

http://www.facebook.com/pages/Homestay-Kota-Kemuning-Shah-Alam/173639786070528?sk=info

Sudomo Alamsjah said...

Maaf mbak atau tmn2 lainnya yg pernah berobat disana, saya mau tanya2... ada pernah dgr keluhan dari org gk yg pernah Dato Cik Man "Reject" operasi karena darah terlalu tinggi?

Atau ada keluhan dari pasien2 yg berobat disana bahwa Cik Man tidak bisa mengobati atau gimana???

Makasih...

patra rina said...

Iya .. ada yang ga sembuh dan ada yang sembuh
Cik man kan cuma perantara, yang menyembuhkan tetap Allah

nur syafiqah said...

kalau kanker otak bisa jugak kan???

vissbi vissbi said...

Yth datin/Kak nur/Kak Sri kami datang hari selasa tgl 24 Juli 2012, rombongan sepuluh orang dari Jakarta dan sekitarnya di bawah pimpinan rombongan
Bp.Kelly Siregar.
Mohon sangat kami tidak dikecewakan. Kami berdoa dan berharap semoga Datuk Cikman sehat sehat selalu, dapat menjalankan ibadah puasa dan bisa menolong sesama, amin ya rabillalamin.

vissbi vissbi said...

apakah benar, irisian yang dilakukan Cek Man pada bagian belakang dan depan tubuh, hanya sebatas untuk mengeluarkan darah saja, bukan oeparasi dalam artian medis membuka kulit dengan lebih dalam sampai ke bagian jeroan manuasia ?.

edho doank said...

emang benar banyak yang berobat disana,
alhamdulillah banyak pasien yang mengakui banyak kesembuhan tp mungkin tidak beruntung dengan abang saya :(,
udah banyak operasi disana tp hasilnya nihil, mungkin tidak jodohnya disana,
ternya kanker di kepala semakin menyebar
buat kak Nor kak rini masih ingat saya kan
salam buat semua
by edho Dumai Riau Indonesia

Anonymous said...

Bro/Sis apk ada informasi untuk penyakit thalasemia yang ditangani Dr. Cik Man? untuk anak umur 4 th.
trims

Hendra said...

Mbak,
Mau nanya .... Katanya Pak Cik Man juga bisa bantu utk yang susah punya anak yah? Makasih

choky said...

Mohon informasi dunk, klo ada yg tau kapan cik man dtg dr Haji. Tq