Monday, April 28, 2008

[US-Palo Alto] What They Think about Islam

Tadi malam aku diundang salah seorang partner kerja untuk makan malam di rumahnya. Lagi-lagi aku jumpa American people yang so nice dan treat friends seperti yang seharusnya dilakukan oleh muslim. Mereka sangat hangat, ramah dan sama sekali ga dibuat-buat.
Istrinya berasal dari Perancis dan mereka punya dua orang anak, satu orang putri yang berusia 16 tahun dan putra berusia 13 tahun. Makan malam jadi semakin hangat karena ternyata sang putra sedang belajar tentang religion dan sedang memasuki pelajaran tentang Islam. Uniknya, dia ga tau apa agama gurunya tersebut karena dia mempelajari segala agama. Sampailah pembahasan tentang polygami, tentang kebebasan wanita menurut Islam dan segala seluk beluk Islam lainnya. Yang mereka pikirkan tentang Islam adalah : wanita terkungkung dan tidak merdeka dan polygami adalah hal yang mudah untuk dilakukan.
Aku terangkan semampu yang aku bisa bahwa Islam tidak pernah mengajarkan untuk mengungkung wanita tapi ada aturan-aturan yang mengikat baik laki-laki ataupun perempuan. Aku juga contohkan kalau Siti Khadijah adalah seorang pedagang sukses dan tidak pernah ada cerita beliau berhenti berdagang setelah menikah dengan Muhammad, juga tentang perjuangan Ummu Salamah, dst. Tentang polygami, sebenarnya tidak semudah yang dipikirkan oleh orang-orang, hanya sebagian laki-laki mengambil "keuntungan" dari hal tersebut. " Jelas sekali dijelaskan dalam Al-Quran :
“Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja.” (An-Nisaa’: 3)
“Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri (mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian. ” (An-Nisaa’: 129)
Akhirnya, tadi aku kembali makan malam di rumah yang sama dan sang putra berkata "Tadi pelajaran di kelasku jadi menarik, karena aku menerangkan semua yang kamu terangkan kepada teman-teman dan guruku. Dan sekarang mereka punya pandangan berbeda. You make the difference, Patra. I know Islam better now."
Itulah peranan kita, sahabat... Do our best!
*Kamis aku diminta untuk memberikan presentasi di Castilleja School tentang peranan wanita Islam di masyarakat dan hal-hal lainnya yang bikin mereka penasaran. Semoga aku mampu*

20 comments:

Christina Desitrivianti said...

hmm... org emg selalu "lupa" dgn 2 ayat ini... kl menurut aku sih, cmiiw, sebenernya "ujung2nya" satu istri aja cukup.

*beautiful sky said...

wow that is very good explanation ,Patra. yes you make the difference !

Christina Desitrivianti said...

kok aku jg jd inget film AAC sih? :)). bkn ttg pilihan poligaminya, tp satu adegan di kereta, dimana fahri membela 2 org perempuan amerika yg dikasi duduk itu. menurutku, org2 yg suka berpendapat "yg enggak2" ttg Islam, mesti tau kl muslim itu diajarkan jg unt toleran thd org lain

patra rina said...

yup, setuju mba.. (panggil apa nih?)

patra rina said...

I did my best mba, just for Allah

AKP Noxious Mubahidin MX 2.0 L.E said...

Salut...metode dakwahnya bagus sekali. Semoga ada banyak Patra di US sana...

patra rina said...

karena emang sebagian muslim membuat orang berpikiran demikian... kita harus membuatnya menjadi benar dan tepat...
benar ga sih ?

patra rina said...

Amin
makasih ya udah mampir ke site ku
doakan aku terus yah...

patra rina said...

Aku berharap dengan aktivitasku, aku bisa menerangkan tentang Islam dengan benar kepada mereka. Aku menjaga batas2 tapi aku juga bisa menunjukkan bahwa muslimah bisa melakukan hal2 yang bermanfaat
doain terus aku dan teman2 lainnya ya...

dina sudjana said...

pasti kamuuuuuu bisaaaaaaaaaaaaaaa...!!! (kaya iklan aja yaa saking nyemangatinya)

yelli ordinary people said...

unii semangattt..waaa aku salut ma uni :)

patra rina said...

Makasih Tetehku yang baik

pry pry said...

keren.. jelasin ttg endonesya juga dong ;-)

patra rina said...

wah, itu pasti.. pengantarnya pasti Indonesia dulu donk...

Christina Desitrivianti said...

uh... bener juga... krn barusan aja aku liat rekaman video di mp sebelah, ttg kecaman unt ahmadiyah. jujur aku takut n sedih jadinya... :(. bkn ttg ahmadiyahnya lho, tp ttg apa yg si penceramah katakan di forum sebesar itu... :(

patra rina said...

gimana donk kita ngeberesinnya ?
padahal Islam yang dicontohkan Rasulullah itu kan indah banget
yah, mungkin kalau kita bisa membuat 10 orang non muslim berpikir benar tentang Islam, setidaknya kita sudah membuat sekian persen perubahan
mari kita mulai !

Christina Desitrivianti said...

ya.... rasulullah selalu memberikan teladan yg baik, n di mataku, beliau adalah manusia yg nyaris sempurna. ya, perbaiki dulu sikap n perbuatan kita, itu slh satu hal kecil yg bisa dilakukan.. :)

patra rina said...

setuju.............!

Popon Kurniasih said...

bagus ni! semangat terus ya dakwahnya! Pasti uni bisa menjelaskan dengan baik..terus minta pertolongan Allah saja agar memudahkan lisan uni serta memahamkan kepada orang lain....Subhanallah!

patra rina said...

insya Allah