Monday, April 28, 2008

[US] Jilbab di Amerika ?

Sambil nunggu jam mulai meeting nih. Jadi ingat pertanyaan teman-teman "Ga ada masalah tuh kamu jilbaban di Amerika ?"
Alhamdulillah, aku percaya banget, selama kita patuh sama perintah Allah dan menjalankannya dengan penuh keikhlasan, Allah bakal nolong kita kok! Banyak sekali kemudahan hidup yang aku dapatkan hanya dengan satu keyakinan ini. Aku ga pernah ngotot mau pergi ke US karena buatku semua tempat berpijak di bumi Allah ini sama nilainya, ga ada yang lebih istimewa kecuali tempat-tempat mustajab yang memang telah diistimewakan oleh Pemilik-Nya seperti Al-Mutazam, Raudah, dsb.
Kata orang-orang, sulit mendapatkan visa ke US karena berjilbab. Wah, aku sama sekali ga ngalamin tuh, bahkan aku dapat multi entry visa buat lima tahun dengan proses interview kurang dari dua menit.
Di imigrasi ?
Juga cuma ditanya kenapa masuk US dan setelah dijawab semuanya selesai.
Di conference kemaren ?
Aku diperlakukan sangat istimewa oleh panitianya padahal aku cuma salah satu dari puluhan nara sumber yang sangat berpengaruh. Tiap sebentar ditanya "Is everything good ?" sampai makanpun benar-benar diurusin karena mereka tau aku ga bisa makan yang ga halal.
Bahkan ada di antara mereka yang nyelutuk begini, "Why are you so powerful ? You are not US resident but you can make rule for us and we follow it happily. You are an extraordinary woman." Senang juga sih dikasih compliment gitu walo aku juga ga that perfect. Pernyataan ini keluar karena aku sebisanya tidak bersalaman atau tak bersentuhan dengan yang ga muhrim (walo ga mudah) dan akhirnya mereka mengerti bagaimana memberikan salam, aku ajarin yang kayak Sunda itu lo...
Nah, siapa bilang jilbab jadi masalah ?
Mau lomba manjat gunung sama aku ? Sok.... 
Mau balapan motor sama aku ? Sok....
Mau surfing? Ayuk....
hahaha ga gitu juga sih, cuma aku mau bilang "ga ada alasan untuk tidak mengenakan jilbab bagi muslimah karena itu perintah Allah dalam Alquran. Kalau non muslim aja bisa se-respect itu sama kita, apalagi saudara sendiri, ya kan ?"
Ga ada alasan "belum siap" karena aku dulu juga pernah punya alasan ini (takut teman-teman berkurang), buktinya sekarang Allah malah ngasih teman2 dari belahan dunia yang ada, lewat real conference ataupun dunia maya. Ah Maha Kaya Allah dengan segala rencana-rencananya.

39 comments:

Anna Vanjava said...

amin.... seneng bgt dengernya Patra...

Cut Intan Meutia said...

mantaaaaaap:)

AKP Yudi Randa said...

Mau lomba manjat gunung sama aku ? Sok....

Mau balapan motor sama aku ? Sok....

Mau surfing? Ayuk....
========================================================
siapa takut..:p

AKP Yudi Randa said...

main fencing bisa???:D
hayyuk kalo berani..P

adinda feb said...

smoga aku dapat hidayah kek mbak patra yak
TFS critanya

- * Dina * - Haqiesa said...

saya sgt salut dgn mbak..succes terus ya...

Sweet Sejateehhhh said...

semakin salut sajaaaa,,,,kapan2 main petak umpet yah,,,,,

Rani Marchetti said...

congrat yah??

temmy lestari said...

Alhamdulillah kalo penerimaannya baik.....
aku juga di sini ga pernah ada masalah,kalo cuma diliatin mah,anggap aja lagi jadi foto model sementara....hehe*GR mode on
suka denger sih ada juga yg ngalamin peristiwa ga enak,tapi kadang pepatah tak kenal maka tak sayang tuh banyak benernya,kebanyakan yg ga suka ama muslim tuh yg ga pernah kenal langsung,cuma denger berita jelek dr media dan dia pukul rata semua muslim tuh jelek,padahal manusia dimana2 ya sama,ada yg baik ada yg jelek terlepas dr agama apapun....

dina sudjana said...

disini juga tadinya orang pada malu2 pake jilbab, bahkan banyak jilbab yang terbang, karena yang pakenya ketakutan, tapi ngeliat saya enjoy ahirnya jilbabnya dipake lagi..
justru dgn pake jilbab identitas kita jadi ketahuan, banyak yang ngucap salam padahal kita nga kenal..

kiky fitriyanti said...

sukses terus ya jeng....

*beautiful sky said...

duh adikku neh mang wise bener koq kalo ngomong,
iyaa aku juga patraaa.semoga someday kuikuti jejakmu

Popon Kurniasih said...

Berkahnya berjilbab dan ber Islam secara Istiqomah ya Ni ^_^ Subhanallah! Selamat berjuang dimanapun...berjuang untuk tetap sesuai dgn tuntunan Allah dan Rasul-Nya..menyebarkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin...jadi iri dengan dakwah uni nich, hiks!

Deshinta Arrova Dewi said...

Alhamdulillah
Rahmat Allah tersebar ke sana....:-)))
ditunggu postingan berikutnya yaaaaa

Stalis Armando Rodado said...

setahu aku negara2 yang persemakmuran Inggris dan multikultural kayak US, Aussie selalu bisa nerima jilbab, jadi beruntung yah Patra kalo kita tinggal di negara itu. Cuman kalo di Eropa terasa diskriminasinya, apalagi di Perancis yang jelas ngelarang.. melanggar hak asasi dunk.

patra rina said...

iya, aku juga senang berbagi...

patra rina said...

hahaha.. yudi adikku sayang malah beneran nantangin
lah itu kan semacam penekanan gitu dek

patra rina said...

Amin
Hidayah itu datang tiap hari kok Din.. coba aja rasain klo ga percaya :)

patra rina said...

just share the story, sister..
I believe you have your own story on your belief

patra rina said...

ayuuuuuuuuuuuuuk... di kebun tulip

patra rina said...

thanks mba

patra rina said...

iya, makanya kita yang harus jadi messenger
besok aku talk di School dan open discussion about Islam
it would be interesting

patra rina said...

betul Teh
mereka senyum... nyapa
pokoknya hangat gitu.. makasih Allah

patra rina said...

Makasih Ki, how are double K ? are they good ?

patra rina said...

aku yakin itu
karena hati mba udah baik.. jadi pasti akan ngikutin hal2 yang baik
sure mba
aku kan sabar menunggu.. loh kok aku ?

patra rina said...

tiap orang punya lahan dakwah kok Pon
Allah nitipin uni bagian yang ini.. jadi dijalani dengan penuh suka cita
ya.. it is so wonderful! ga harus ceramah.. tapi just show the way of Islam is

patra rina said...

Amin
ya.. untuk satu ayat, kita harus berjuang kan Desh ?

patra rina said...

dan ternyata rakyat perancis banyak yang ga mendukung
tadi malam aku diundang makan malam oleh partner kerja dan istrinya orang Perancis, dia bilang.. dia ga suka sama diskriminasi tapi kadang negara tidak memikirkan hati rakyat...
hmm... itu gunanya berkomunikasi ya, jadi bisa saling memahami

AKP Yudi Randa said...

hehehe kan nggak mau kalah kak ..:D

susi herlianti said...

tidak ada yg tdk mungkin,kalau Allah yg mengijinkan

AKP Noxious Mubahidin MX 2.0 L.E said...

Enak baca tulisannya mba...ringan, mengalir apa adanya...dan dakwahnya juga tetap jalan :)

patra rina said...

sekali lagi makasih...
aku sedang berusaha untuk menulis agar aku bisa ingat jika aku lupa...

patra rina said...

betul say

patra rina said...

boleh deh, asal adikku senang.... di jalan yang benar

ririe bachtiar said...

Big Salute..ga ada kata lain yg pas mewakili 'kekaguman'....hummm..pengen deh ke LN norak ya

Diana Rochayani said...

daku setuju banget dengan apa yang Uni ungkapkan... kalo kita tetep istiqomah berada di jalanNya, maka insyaAllah Dia pun akan menolong kita.. terkadang dari arah yang tidak kita sangka...
yaahh.. masih banyak orang yang beranggapan hidup di luar negeri itu susah.. banyak diskriminasi di sana sini.. dan akhirnya memutuskan untuk buka hijab.. :(

patra rina said...

aku juga mengagumi semua wanita yang mampu menjaga nilai2 dirinya di jalan Allah :)

patra rina said...

ya Di, ini sering banget uni alami.. jadi harus bersyukur
makasih dah jadi sobat yang selama ini ngebantu buat istiqomah

Leila Atika said...

salam kenal mba :)
subhanallah