Sunday, June 17, 2007

Pengalaman English Test di US Embassy

Suasana pagi itu (15 Juni 2007) benar-benar heboh. Mulai dari nyeritain tragedi dompet mpe hal-hal lain yang ga bisa dibagi dengan siapapun kecuali kita bertiga bikin Evonk ketawa sampe ngeluarin air mata. Puyengku seketika hilang, Alhamdulillah. Aku jadi semangat untuk menjalani English Proficiency Test di US Embassy sebagai salah satu syarat dari USAID untuk kelengkapan dokumen peserta training di University of Washington pada Juli nanti

 

Berdasarkan peta petunjuk jalan hasil karya dua sobatku itu dengan mantap kulangkahkan kaki menuju US Embassy, mulai dari naek angkot, busway mpe taxi dilakoni semua. Duh, rada telat karena tadi busway sempat keluar jalur dulu ngasih tamu agung lewat (ga tau siapa). Benar aja HP ku berdering, ternyata mba Astri dari US IOTWS(US-Indian Ocean Tsunami Warning System). Dia bilang aku udah ditungguin oleh bu Henny (dari USAID yang akan ngetest) dari pukul 9. Wah, itu mah ga telat dikit tapi banyak. Cool…Cool.. easy.. easy… Supir taxi yang dengarin percakapan aku dengna Astri juga sampe ikut mikir gimana caranya agar aku bisa cepat sampai di Kedubes. Jadi aja dia milih nurunin aku di seberang jalan Kedubes biar ga muter lagi. Di argo tertera angka 17.500. Pas bayar, aku keluarin pecahan Rp.50.000 dan ternyata ga ada kembalian. Pecahan lain yang aku punya cuma Rp.12.500 yang berarti kurang Rp. 5.000 dari bayaran seharusnya. Subhanallah sang supir taxi malah bilang “Gapapa mba segitu aja, yang penting mba ga makin lama telatnya”. Pertolongan Allah emang sangat dekat. Moga supir taxi tersebut dilancarkan rezkinya.

 

Nyampe di gerbang, security coba nyari berkas appointment atas nama aku tapi ternyata ga ada. Aku coba nelfon bu Henny tapi ga berhasil, akhirnya mba Astri lagi yang nolongin dan dia bilang bu Henny segera turun. Perasaanku udah ga karuan karena aku jarang sekali telat kecuali emang alasan yang sangat darurat. Ketika aku bilang bu Henny akan segera turun, security dengan ramah membukakan pintu gerbang dan mempersilakan aku masuk dan diantar menuju resepsionis. Di pos ini aku diharuskan menitipkan semua peralatan elektronik yang aku bawa dan diberi nomor untuk kode penitipan barang. Bu Henny datang dan langsung menanyakan kepada resepsionis kenapa surat appointmentnya tidak diteruskan kepada security dan ternyata memang kelalaian dari si resepsionis. Ya sudahlah, yang penting aku dah bisa masuk.

 

Tahapan selanjutnya, aku harus meninggalkan KTP dan memasang kokarde sebagai tanda pengenal sebagai tamu. Nah ini dia ! Coba aja tadi malam Fadhly ga bela-belain nganter dompetku yang ketinggalan di mobilnya (http://evanov.multiply.com/photos/album/16), ga mungkin aku bisa menuju ke tahapan selanjutnya. Thanks ya Fad.

 

Bu Henny kemudian membawaku ke ruangan khusus : CEPA room (aku lupa lagi kepanjangannya apa), untuk menjalani test.

 

Ternyata English Proficiency Test lebih gampang dibanding TOEFL, yang dibutuhkan bukan structure atau grammar tapi Understanding English. 30 menit pertama listening kayak TOEFL dan 45 menit berikutnya tanpa kaset, berusaha membaca table dan memahami arti yang terkandung dalam sebuah kalimat. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah calon peserta training nantinya bisa memahami pelatihan yang diberikan. Kalau tidak bisa sama sekali, mungkin akan disediakan translator. Itupun klo dananya ada dan klo ga ada, mungkin calon peserta tersebut ga jadi diberangkatkan. Alhamdulillah, sejam kemudian mba Astri menelfon dan ngasih tahu klo aku lulus. Duh, hari itu terasa begitu indah dengan dikirimnya teman-teman dan orang-orang yang baik oleh Allah untuk memudahkan urusanku. Thanks Rabb.

 

25 comments:

XXXX YYYY said...

looh Patra lg di Jakarta ya ?

Diana Rochayani said...

selamaaaaaaatttt.... uniku sayaaaaaannngg....

patra rina said...

Hihi Kamis mpe Jumat kemaren Nan
maaf ga ngabarin
ntar PM ya no HP biar klo ke Jakarta bisa patra hubungi :-)

Rani Marchetti said...

Selamat untuk ujian Englishnya Patra.....::)

~ Ёleonora Hedvall~ said...

congratulation ya...

Deshinta Arrova Dewi said...

Congratulation........smg semuanya lancar lancar ya...

Peaceful- Muslim said...

Congratulation sng semua lancar dan bpk tunggu di amerika yaa..
ALLAH membuka kan pintu pertama syurga..semoga dapat menikmati taman2 syurga nantinya....berjuanglah terus...mencapai cita2...
Salam

mona ^_^ said...

semoga lancar uni.........
wuaaahhhh mo ke amerika... ^_^

nura hendra said...

jadi berangkat nih mbak patra:)

*beautiful sky said...

hmmmm supir taxi nya benar 2x dragon heart yah ..terharu aku.

Mas Hadi said...

syndrom ujian emang begitu ya Patra :-) syukurlah lulus..Lega sekarang tentunya. Jadi dong ke paman Sam. Selamat ya

Santi Santi said...

Emang mau apply buat visa apa Uni? Ke US-nya kapan dan ke kota apa?
*kali aja ntar bisa ketemu*

army widyastuti said...

Alhamdulillah... selamat ya, mudah2an semua berjalan lancar ;)

patra rina said...

Makasih mba
moga step selanjutnya juga bisa berjalan dengan lancar
:-)

patra rina said...

Makasih Didiku sayaaaaaaaaang.....

patra rina said...

Makasih mba El...

patra rina said...

Amin.. Amin

berharap ketemu Deshinta di Bandung, insya Allah

patra rina said...

Amin
bapak di US tinggal dimana ?
patra insya Allah ke Seattle Pak :)

patra rina said...

Makasih ya Mona
Insya Allah, nuntut ilmu boleh kemana aja kan..

patra rina said...

Doakan aja mba Nur
kalau persiapan panitia berjalan lancar, insya Allah 7 orang tim Indonesia berangkat

patra rina said...

iya, mba Atiek
Subhanallah, pastinya itu pertolongan Allah lewat supir taxi
Moga beliau dimudahkan rezkinya. Amin

Popon Kurniasih said...

whuaaa..asyik banget...alhamdulillah ni.. lulus euy! jalan2 ke us dong, hehe!

patra rina said...

Insya Allah Pon
belum dapat visa nya

Cerita Loly said...

boleh tau experience x selama kerja di us embassy??

Cerita Loly said...

boleh tau experience x selama kerja di us embassy??