Saturday, May 26, 2007

Suami Belanja Ke Pasar - Langka kah?

Walau hujan turun dan becek dimana-mana tapi tetap aja yang namanya pasar ga pernah sepi. Dalam kehati-hatian menapaki gerimis, aku berpapasan dengan dosenku dulu.  Seorang Profesor terpandang di kotaku, yang menyandang gelar Doktor sebuah universitas terkemuka di Eropa. Di kedua tangannya ada tentengan belanjaan dan sepertinya beliau sudah selesai berbelanja.

“Udah selesai belanja Pak?”, sapaku.

“Sudah” sahutnya sambil memperlihatkan dua tentengan belanjaan yang cukup besar.

“Salam buat ibu ya Pak.”

”Iya, nanti saya sampaikan. Assalaamu’alaikum.”Jawabnya sambil melempar senyum.

”Wa’alaikumussalam.”

 

 “Mmh… seorang Profesor terpandang belanja di pasar tradisional sendirian?” Sungguh kondisi seperti ini sangat langka di kulturku yang terlanjur memposisikan belanja ke pasar sebagai pekerjaan yang tak lazim dilakukan oleh kaum adam dan mungkin juga keadaan ini berlaku buat daerah-daerah lain di Indonesia. Aku ga tahu. Pikiranku tergelitik, ”Masih ada ga ya stok laki-laki seperti itu di zaman sekarang ini?” (sebelum diprotes, aku jawab sendiri.... Pasti ada! tapi mungkin bisa dikatakan sebagai kaum minoritas).

 

Setelah menikah, entah dari mana asal muasalnya akan ada pembagian kerja antara suami dan istri. Suami akan berdalih bahwa dia telah cukup sibuk dan cape mencari nafkah di luaran sehingga kerjaan rumah bukan lagi jadi urusannya termasuk pendidikan anak. Mungkin masih wajar kalau hal ini diutarakan oleh seorang suami yang memang pontang-panting dan sudah bisa memenuhi nafkah buat keluarganya dengan penuh tanggung jawab tapi buat suami yang nyata-nyata masih butuh bantuan istri buat mencukupi kebutuhan keluarganya? Jelas ga bisa diterima donk! Toh ga ada perbedaan jam kantor buat laki-laki dan perempuan. Berarti, dua-duanya sama-sama cape kan? (Pernyataan ini ditujukan khusus kepada suami yang memelas minta bantuan istri untuk ikut membantu keuangan keluarga tapi malas banget ketika dimintai tolong untuk membantu pekerjaan rumah tangga).

 

Ga rumit sih sebenarnya karena aku pernah baca dan sangat yakin (haqul yaqin) bahwa Rasulullah ga mau membebani istri dengan pekerjaan yang masih bisa beliau kerjakan sendiri. Rasulullah pernah kok ngejahit baju sendiri dan juga menumbuk gandum untuk membuat roti padahal Rasulullah kan nyari nafkah juga buat keluarga, bahkan perjuangan beliau lebih berat lagi (Sst... Bukankah Rasulullah lebih mulia dan terpandang dibanding seorang Profesor?). Lalu, pikiran siapa yang sedang dikembangkan saat ini kalau suami tidak seharusnya nyuci dan belanja ke pasar?

 

Bukan berarti juga istri akhirnya punya alasan untuk ga peduli ama urusan rumah tangga. Siti Khadijah bukan hanya bikinin makanan lo buat Rasulullah tapi juga mendaki gua Hira’ buat nganterin makanan. Jarak dari rumah beliau sampai gua hira’ itu empat jam jalan kaki bolak-balik di terik matahari dan tajamnya bebatuan. Yang sudah pernah ke tanah suci pasti bisa ngebayangin kondisinya. Semoga kita juga bisa begitu. Amin.

 

Maaf sobat, aku hanya sedang mengagumi suami – istri yang tak sekedar menagih hak atas fitrahnya tapi menunaikan kewajibannya atas landasan ibadah kepada Allah.

Mungkin dosenku bisa seperti itu karena memang orang tuanya telah mengajarkan arti empati semenjak beliau masih kecil. Wallaahu a’lam.

 

Dalam kesederhanaan, aku bersyukur karena papaku bisa menjadi partner kerja yang mengasyikkan buatku dan mama di dapur, terutama untuk pekerjaan yang akrab dengan kekotoran seperti membersihkan dan memotong ikan atau ayam yang hasil dari pekarangan sendiri. Bahkan masih kuingat, dulu ketika mama pergi ke luar kota dalam waktu yang agak lama, papa tuh yang masak buat kami anak-anaknya. Terimakasih Allah.

 

PENASARAN NIH AMA PARA MP-ers BERSTATUS SUAMI atau SUAMI nya MP-ers

 

Terimakasih kepada papa mama yang tlah membagi jadwal piket yang adil antara aku dan adik-adik dengan jenis kegiatan yang sama.

 

special to : setiap pasangan yang saling menghargai dalam usaha menggapai surga-Nya.

40 comments:

- Kim said...

interesting story...

Tina Amalia said...

rasanya nggak ada yg salah pada masa sekarang kalo suami membantu pekerjaan yg biasa dikerjakan seorang istri... :D

patra rina said...

Makasih mba Marlene
Maaf ya mba, jarang berkunjung sekarang
.. but always miz u

patra rina said...

Udah sembuh say?
Gimana tes nya?
Istirahat atuh, itu tubuh masih mo dipake lama kan ?
cerewet coz I love you!

nura hendra said...

nothings wrong with that....:p

patra rina said...

Maksudnya emang ga ada yang salah mba..
Aku hanya lagi sebel ama suami yang malas bantu istri padahal istrinya itu juga cape cari nafkah bantu dia
Kebetulan lagi ketemu Profesor yang belanja ke pasar.
Hasilnya.. ya tulisan ini hehehe...

patra rina said...

Sorry....... jadi diganti judulnya. Takut pesannya ga sampai..
Pesan moralnya : SUAMI BANTU ISTRI donk... ! ISTRI BANTU SUAMI donk.. jadi SALING BANTU dan SALING HARGAI, gitu....

Bunda Estherlita Suryoputro said...

Sebetulnya bisa dibicarakan antara suami dan istri, mngkin ada solusinya.
Tapi juga harus dipikirkan bagaimana situasinya dimana mereka tinggal.
Ada suami yang tidak terbiasa bantu istrinya walau istrinya bantu dia cari nafkah karena lingkungan yang gak mendukung juga karena sejak kecil tidak terbiasa melihat laki2 bantu istrinya.
Kadang generasi sekarang udah lebih demokrasi, suami bantu istrinya tapi kadang generasi lampau yang masih berat melihatnya.
Contohnya suami saya, dari kecil tidak dibiasakan untuk membantu pekerjaan "wanita", pada saat dia mahasiswa 10 tahun tinggal di Belanda, harusnya wawasan dia tentang bantu2 kerjaan istri menjadi luas karena lihat orang2 barat seperti itu.
Tapi nyatanya tidak, karena bila suamiku mau bantu aku, mertuaku sangat keberatan. Tidak suka lihat anaknya kudu mengerjakan pekerjaan wanita, bahkan aku dibilang akan kuwalat ama suami kalau suami bantu2 aku. padahal saat itu saya juga bekerja.
Kalau sudah gini kan sulit, jadi saya biarkan sajalah, meskipun kalau tidak didepan mertuaku, suami pasti mau bantu hal2 kecil saja tapi ketika dirumahnya sendiri dia jadi tuan besar....
dari pada ribut ya udah deh bodo amat.
Kadang tradisi dan lingkungan membentuk suami2 kita, sulit juga disalahkan.

patra rina said...

Makasih sharenya mba Esther. Maaf, sebenarnya aku juga ga tahu apa yang akan dihadapi saat berumah tangga nanti. Artikel ini tertuang begitu saja ketika ada seorang temanku curhat tentang suaminya yang sama sekali ga pengen bantu kerjaannya padahal dia sedang cape banget.
Trus juga teman-teman cowo sering becanda gini "Enak banget deh punya istri, jadi ada yang nyuciin, yang nyetrikain, yang masakin" padahal esensi pernikahan kan ga cuma itu.
Benar yang mba bilang, tergantung latar belakang dan kebiasaan di keluarga. Buat sebagian orang Minang (sekarang udah mulai ada perubahan) .. sama seperti yang mba alami. Para suami atau co sangat tabu masuk ke dapur, jadinya serba salah. Di satu sisi dia pengen bantu istri, di sisi lain mertua ribut.
Beruntung mba, suami mba berarti masih punya keinginan buat bantu mba ....
Yang aku sorotin itu, YANG GA MAU BANTU SAMA SEKALI trus BANYAK PERMINTAAN.. dan kalau ga sesuai keinginan eh MALAH SEWOT. Duh.....
Moga aja aku ga jadi parno buat nikah karena terbiasa mandiri.. ga mau nikah hanya buat jadi tukang cuci dan tukang masak ... :((

patra rina said...

Hmm.. udah ngebalas panjang banget tapi ngilang kemana nih?
Benar mba Esther. Saya sebenarnya lebih menyorot suami yang benar-benar ga ngerti kondisi istri, tapi ga tahu mesti nulisnya seperti apa.
Teman saya curhat tentang suaminya yang ga peduli ama kondisi fisiknya yang kadang butuh istirahat, udah gitu permintaannya banyak banget lagi dan klo ga dipenuhin malah marah-marah padahal dia juga yang minta istrinya bekerja.
Nah... kebetulan ketemu sang Profesor, jadi aja tulisan ini tertuang begitu saja.
Benar mba.. emang tergantung keadaan lingkungan juga.
Beruntung mba.. suami mba masih mau bantu-bantu... maksudnya masih punya keinginan untuk membantu kerjaan mba...
YANG GA NIAT itu lo mba....

eva amalia said...

Alhamdulillah saya kebetulan punya suami yang mau2 bantu kerjaan istri....walo dikit2 seh.....walopun kadang2 kita yang nyuruh....hehehehehe.mungkin dia juga ngeliat gimana perjuangan istrinya sehari-hari tanpa dibantu asisten dirumah........apalagi masalah belanja....tinggal kasih list apa yang mesti dibeli.....ya uah ...dia dateng dengan sekeranjang belanjaan....dan juga karena melihat kehidupan disini...yang biasa liat bapak2 berbelanja.....jadi suami juga enjoy2 aja tuh.

nura hendra said...

he he kalo pertanyaan diganti spt itu, sepertinya gak langka deh, alhamdulillah suami saya tiap sabtu belanja (seringnya belanja barengan berdua),tapi kalo saya lagi gak mood, selesai sholat di masjid dia telepon dulu, mo ikut ke grocery gak? kalo gak...ya gak pa-pa, dia sendiri yang belanja...... bahkan suka bantu masak dan bersih-bersih dapur yang berlepotan :p

yusy sriwindawati said...

hihihi...kalo aq Alhamdulillah my hubby rajin bantuin...apalagi kalo lagi banyak order,pasti mo bantuin yang bikin aq lebih ringan.....

Deshinta Arrova Dewi said...

belum punya suami, jadi cuma bisa cerita Alm papa dulu...
Beliau kebetulan seorang Dokter (medis) dan kalau tanggal muda,, beliau menjemputku ke sekolah, terus jalan jalan ke mall, belanja macem2 dari bumbu dapur sampai sabun sabun...
Papa bilang itu untuk Mama, supaya mama nggak kerepotan beli ...
Dan masih segar di ingatan saya, Mama pasti senyum manisssssss sekali melihat saya dan Papa mengeluarkan belanjaan dari Mobil
Indahnya.......

fee afifah said...

Alhamdulillah Bapak n Kakakku termasuk kaum minoritas... mereka ga malu bantu2 ibu di dapur(masakannya enak), belanja sekali dua kali, bahkan nyuci n nyetrika mereka juga mau... padahal kita2 kaum wanita di rumah mau juga kalo disuruh nyuciin/nyetrikain.... senengnya. Menurutku bukan sesuatu yg memalukan.. tapi sesuatu yg pantes untuk dibanggakan.... ^_^

temmy lestari said...

jaman gini masih ga mau bantu urusan rumah mah kayanya kebangetan deh,palagi kalo istri sama-sama kerja juga...

sri yulis said...

klo di sini udah..biasa Patra..para suami, belanja, masak , jaga anak..., yang nggak biasa minta disuguhin, jaraaaang banget)...*jangan khawatir..yaa..(postingannya baguus)

Diana Rochayani said...

Bener, Ni... dan hal itu pun terjadi di rumah tangga kami..
namun Alhamdulillah... pembagian kerjanya ke arah ynag positiP :)
Secara otomatis (tanpa ada perjanjian), suamiku bertugas ngebersihin kamar mandi, sapu, ngepel, bersiin karpet, ama kadang2 cuci piring juga.. Belanja biasanya barengan, skalian jalan2.. hehehe... dan kalo aku lagi capeeeee banget, suamiku yang nawarin untuk bikinin aku teh manis anget

patra rina said...

Alhamdulillah ikut senang mba. Ya itu dia, aku suka gemes sama orang yang ngerasa lebih tahu ama apa yang kita kerjain. Waktu dulu ketika ada tetangga ngelihat adik cowokku nyapu rumah ... Mereka dengan beraninya nanya ke mama "Kok anak cowonya disuruh nyapu rumah sih ? Ga enak dilihat orang". Mamaku dengan anteng akan jawab "Aku sedang mengajarinya bertanggung jawab". Jadi, peduli amat orang ngomongin apa... hehehe...
Saling bantu terhadap sesama aja dianjurkan, apalagi untuk suami atau istri sendiri ya mba ?
Duh, yang belum nikah ngobrolin tentang aturan dalam rumah tangga hehehee......
Salam untuk keluarga tercinta !

patra rina said...

Subhanallaah.. suami yang baik.
Aku selalu kagum sama suami istri yang saling menghargai...
Kalau begini kan yang namanya pertengkarang bisa diminimalisir, ya kan Nur?
Semoga sakinah dunia akhirat......... Amin.
Ternyata ENGGA LANGKA ya Nur ?

patra rina said...

Wah hubby nya baik banget,
Ada temannya yang baik juga trus nyari pendamping hidup ga mba ?
hihihihi...

patra rina said...

Aku ikut ngerasain indahnya mba Des
Aku juga belum punya suami, makanya topik jadi bahasan...
pengen tahu seperti apa sih peran suami istri dalam sebuah rumah tangga, mulai dari hal yang kecil.
Papaku juga lo, tinggal bilang "Pa, tolongin marut kelapa ya....... ". Bahkan untuk pekerjaan yang remeh temeh gini papa dengan sigap akan bilang "Oke... !"
Bahagianya ibu kita ya mba .... ?

patra rina said...

Alhamdulillah... keluarga bahagia..
Sampaikan salamku untuk keluargamu ya Rin...
Emang benar, itu jadi sesuatu yang bisa dibanggakan !
Bukankah sesuatu yang langka dan bermanfaat, nilainya jadi lebih tinggi ?

patra rina said...

Hihi.. iya mba Temmy, kebangetan !
Pakbar nih mba ?

patra rina said...

Makasih Sri,
Iya, kali juga bapak yang Prof itu bisa kayak gitu karena belajar dari lingkungannya di Eropa sana...
Hmm... butuh waktu lama sih untuk merubah budaya ...
Padahal dalam Islam udah jelas hadis Rasulullah "Sebaik-baik manusia adalah yang palng banyak mendatangkan manfaat untuk manusia lainnya"

patra rina said...

Alhamdulillah, ikutan happy Di.
Klo pembagian kerjanya seperti itu, rasanya adem banget ya ?
Bukankah klo kerja bareng jadi lebih banyak waktu buat berkomunikasi bareng juga ?
Nah, belanja sambil jalan2 bareng kan juga jadi nimbulin banyak kenangan, ya ga ?
Lagi dreaming and hoping nih...
Amin

temmy lestari said...

Alhamdulillah baik Rin..
cuma rada sibuk aja di kerjaan,jd rada jarang ngempi....:((

Stalis Armando Rodado said...

setuju, suami yang gak mau ngerti pekerjaan istri udah makin berkurang kok patra.. insyaallah.. ;-)

patra rina said...

Mudah-mudahan ya...
Masa sih kita harus belajar dari teman2 di luar negeri sih buat hal yang gini?
Aku punya teman2 bule.. dan mereka doyan banget ngasuh anak..
Senang aja ngelihatnya hehehe...
Kayaknya Armand juga gitu ya ?
Semoga....

patra rina said...

Kok pada lelaki ga ada yang berkomentar ya ?

megha suardi said...

susah sih nyari nya skr, tapi pasti ada kok:-)...siapakah itu?????smg didapet amiin..

patra rina said...

Yes, but I think he is the one
Pray and do the best for me, sista :)
beyond the effort, there will be a destiny
No worries :-)

Stalis Armando Rodado said...

tentu manusia gak ada yang sempurna, awal2 masalah kami cuman beda standar 'bersih' (i have a blog about "jadwal piket'), so I did more household, tapi alhamdulillah, cinta emang selalu berorientasi membahagaiakan pasangan jadi hasil akhirnya: kompromi. terserah masing2 pasangan kali, yang penting sama2 hepi dan gak ada istilah pekerjaan rumah tangga itu nomor dua cause eventually it is about our healthy life!.. so it is not fair to put it low ;-)

patra rina said...

Iya Lis, aku udah baca..
Sebenarnya emang ga harus jadi masalah gede. Ini hanya masalah kegemasan aku aja. Mungkin ga ya rasa sayang lebih bisa mentolerir hal-hal kecil kayak gini ? Maksudku, teman aku itu mungkin terlalu menuntut agar suaminya bisa seperti orang lain dan suaminya juga emang ga berusaha untuk merubah kebiasaannya yang cuek.
Thx ya say

Popon Kurniasih said...

gemes boleh ni, tapi ntar aja sama suami sendiri (itu jg kalo dia kebangetan ga mau ikutan kerja rumah tangga), hehe..tapi ni, tulisannya menginspirasi para suami dan istri kok..bagus!

patra rina said...

Hehehe.. sebenarnya juga ga tau lagi gemes ama siapa
ama suami atau sama istri
soalnya dua2nya kan ikut andil dalam hal "tuduh menuduh" tersebut
Suami sendiri ?.......... semoga saling meringankan urusan deh. Amin

tuti kusmiati said...

Bersyukur kami sekeluarga yg suka kerja bahu membahu.........dr waktu masih tinggal diJkt tanpa sadar pembagian tugas rumah tangga berjalan dgn sendirinya meskipun kedua anakku laki2...yg pd akhirnya mereka hrs jauh dr aku bukan menjadi beban lg krn sdh biasa dilakukan saat kita kumpul..........sekrg saya tinggal bedua suami dinegara dgn mayoritas para suami yg suka kepasar jd kepasar buat suamiku "siapa takut!"....begitu jg anak2ku kebetulan yg besar sdh selesai kuliahnya urusan rmh tangga mereka kerjakan bedua dgn lihai nya..........alhamdulillah

patra rina said...

Alhamdulillah ikut senang mendengarnya mba Tuti
Memang pendidikan utama itu berasal dari keluarga
Jika saja orang tua tidak terkungkung oleh "budaya", tentu saja teladan dari Rasulullah lebih bisa diterapkan.
Salam untuk keluarga ya mba...

Yoel SPA said...

ya..istri juga harus sadar bahwa suami hanya membantu meringankan pekerjaan rumah tangga, jangan kebablasan mentang2 di bantuin di jadikan suami pembantu RT..suruh nyuci piring, strika, mandikan anak dll, sedangkan istri hongkang2 kaki..chating..dll...

patra rina said...

Wah...itu mah isteri NGELUNJAK ... :)