Friday, February 16, 2007

Nasehati aku sobat, aku takut menikah

Sist, kenapa ya aku masih tidak siap ketika ada seorang pria melamarku. I’m afraid of getting married. Would u help me?
Sepenggal email dari seorang sahabat membuatku tercenung. Kalimat itu seakan-akan ditujukan untuk diriku sendiri. Aku pun membutuhkan nasehat, jadi dengan cara apa aku bisa membantumu? I am afraid of getting married too, sobat.
Wajar kan kalau seorang perempuan takut tidak bisa menjadi istri yang baik, takut tidak bisa menjadi istri yang membahagiakan suami, takut kebebasannya berekspresi dan mengupgrade potensi diri akan terbelenggu, takut suaminya tidak bisa beradaptasi dengan lingkungannya, takut teman-temannya menjauh karena suaminya pencemburu dan masih banyak lagi list ketakutan yang mungkin berkelap-kelip di atas kepala seorang perempuan (hehehe minta pembenaran nih… ).
Sst.. sekedar bocoran ya, aku dan sahabatku itu sering banget dijadiin tempat curhatan para istri dan yang namanya curhatan jarang banget cerita tentang kebahagiaan kan ? Rada parno juga nih, soalnya .. kata mereka sih.. awalnya berangkat dari “keikhlasan” membina rumah tangga, baik yang dicomblangin atau proses sendiri, tapi setelah dijalani… katanya mah ga segampang teori. Mulai dari suami yang ga pernah ngerti kemauan istri, suami yang suka nyindir dengan kata-kata menyakitkan, suami yang ga bolehin beraktifitas, suami yang kelewat posesif, suami yang anak mami hingga urusan RT pun dicampuri mertua, suami yang pemalas, suami yang selingkuh sampai suami yang nikah lagi, suami yang..……! Halaaaah…. Jadi “keikhlasan” yang dulunya jadi pondasi pada kemana ?
Pernahkah engkau mengalami hal ini?
Kaum adam punya ketakutan juga ga sih ?
Nasehati aku, sobat! Ceritakan bagaimana akhirnya engkau bisa mengambil KEPUTUSAN BESAR itu? (minjam istilah Pak Anis Matta).
Wajar kan kalo kami para jomblo menggugat kalau satu-satunya alasan yang tersisa untuk menikah adalah : agar masih dianggap umatnya Rasulullah SAW. Apa emang cuma itu?
Mudah-mudahan bisa jadi solusi untuk sahabatku dan juga untuk teman-teman lain yang senasib.

Note : coba atuh ya sharing ama kita-kitanya tentang kebahagiaan berumah tangga. Peace!

38 comments:

d'Amyja Songyanan said...

note nya dijawab ma teh didi saja:D
ada yg pernah bilang,
gak ada yang benar2 seratus [ersen siap menikah Ni....

dhinny el fazila said...

sama dong,
aku juga takuut...

d'Amyja Songyanan said...

ah dini mah....masih seneng ngurus EO sama jalan2 ke gunung ya dek?:P

Retno Prasetyo said...

istikhoroh mbak bila saat itu datang, jangan takut "Allahu ma`ana" kalo memang bukan yang terbaik buat kita biar Allah jauhkan dari kita, kalo memang baik Allah dekatkan.

Wajar ketakutan itu, dalam rumah tangga memang selalu ada riak2 kecil, ah hidup saja tak selalu seindah yang kita bayangkan bukan?

Itulah mengapa menikah berarti menggenapi setengah dien kita, karena apa yang kita jalani lebih berat dari hidup kita di dalam kesendirian kita dahulu.

Moga2 berguna untuk mbak dan temannya, namun tak selalu kesedihan yang ada dalam rumah tangga mbak......... kebetulan karena mbak sebagai tempat curhat para istri.
Jadi apayang mbak dengar itulah yang mbak rasakan tentang pernikahan. Open your eyes and your heart......mbakku sayang........

dhinny el fazila said...

hehehe...:D

AKP Yudi Randa said...

masalah ini memang sering yudi hadapin dalam keseharian.banyak temen2 yang afraid to married..biasanya mereka kurang yakin ma allah dan kadar imannya bisa jadi pada saat itu sedang turun yang diperlukan adalah diingatkan lagi keimanan kepada ALLAH..
afwan

Retno Prasetyo said...

ayo yudi sendiri kapan yud? Mbak Rina, anak sapinya besok2 jangan di cemplungin lumpur lagi ya? di kasihkan aku aja biar aku pelihara ampe gede.

Henny K Teguh - said...

say, kayaknya gak ada org yg dilahirkan langsung pinter dan siap berumahtangga deh...:) semua butuh proses, sampai sekarang aku n suamipun masih sama2 terus belajar utk jadi suami/istri yg lebih baik lagi. Org berproses itu perlu kesabaran dan kemauan utk berubah demi kebaikan. Alhamdulillah setelah 10 tahun menikah, kami baik2 aja, dan tetep saling menjaga keikhlasan ibadah (baca: pernikahan) kami. kalopun dalam pernikahan ada cobaan/ujian, berarti kita disayang Allah kan, tidak dilenakan dengan yg indah2 terus, yg bisa membuat kita lupa. Setuju banget jawaban Sakurazahro, dan jangan putus berdoa, yakin aja, apa yg terjadi pada kita, sudah pasti yg terbaik menurut Allah.

temmy lestari said...

kalo emang married ga enak...ko pada kaga kapok sih banyak yg kawin cere..hehe
kalo emang waktu dan jodonya udah dateng,pasti siap sendiri non...

fitri andriani said...

duh, ribet emang, ada sesuatu di hati yang enggak bisa dijelaskan kenapa mesti takut. mungkin memang harus banyak2 berdoa sama Allah untuk diberikan keberanian ... :)

Deshinta Arrova Dewi said...

Ada true story. Dulu kawanku di Bandung juga takut banget sama pernikahan. Padahal orangnya cute lho, banyak yg naksir. Sampai dia tuh kalau ketemu makhluk yg namanya cowok, dia galaknya melebihi herder...he he he..
Tapi dia yakin, dengan hadits Nabi, Masa sih, Nabi menyuruh nikah kalau nikah itu membawa keburukan, betul nggak.
Akhirnya dia berdoa "Ya Allah, lembutkan hatiku kalau aku bertemu dgn jodohku. Mudahkan aku untuk bilang YA, kalau mmg dia orangnya". Bertahun-tahun kawanku itu galaknya nggak berkurang sama sekali. Sampai akhirnya dia bertemu dengan seorang lelaki yang penampilannya di bawah standard lah (menurut dia lho, ini dia sendiri yg bilang).
Dia makin galak sama lelaki itu, ttp lelaki itu mmg sabarnya Subhanallah. Sampai suatu hari, lelaki ini datang ke tempat kost dia, dia mempersilakan masuk, tapi tetap azzaaa galak.
Sewaktu lelaki itu mengutarakan isi hatinya, dan ingin menikahi kawan saya ini........Subbhanallah, tiba-tiba hati kawanku itu luluh. Dan dia menjawab YA. Maksudnya kawan saya itu bersedia untuk menikah dengan lelaki itu.
Kini, mrk sudah diangerahi 5 anak. Alhamdulillah.....
Smg bisa mendapatkan hikmah dari apa yg saya ceritakan..

ayi irma1 said...

ayo menikah .... :-)

Diana Rochayani said...

Heuuuuyyy deuuuh... Ajeng nya...
lempar batu sembunyi pengkereun pager tah... :D

Diana Rochayani said...

Ah, kayaknya Uni salah satu saksi gimana jalannya aku dulu deeh..
Jadi kagak usah ditulis deh yaa ;)

nari gunung said...

OK misalnya mbak nggak siap/takut nikah........tapi apakah untuk selamanya??...Jgn sampai terlambat lho.....Krn tingkat kesuburan pada wanita terkait erat dgn usia. ...

Mungkin mbak nggak akan merasakan betapa bahagianya ketika menggendong bayi sendiri, melihat seyuman sikecil kalau mbak nggak menikah....Sungguh sesuatu moment yg luar biasa yang dialami oleh para orang tua.........

Trus yang ini khusus "dewasa" nih...... :-)
Kalau nikah cepat itu ibarat orang yang lagi sehat trus dikasih makan hidangan yang lagi hangat, lengkap dengan beragam lauk pauknya....Jadi semua lagi pada pas..

Kalau udah telat.........hmm udah pada dingin tuh makanan......kalau masih hangatpun jgn2 gigi udah nggak sanggup.........sayangkan???

:-) ........

Semoga mbak mendapatkan jodoh yang tebaik dari Allah....amin

patra rina said...

Karena judulnya aku minta nasehat, maka I will be good listener :-), tapi ntar aku akan reply juga. Makasih untuk semua yang udah ngasih perhatian ama aku. Aku yakin sobatku itu juga membaca nasehat yang ditulis sobat-sobat semua ;-)

patra rina said...

Iya, ingat banget... di "rumah berjalan" Jamparings banyak kisah tlah tersusun indah :-). Tapi bagi aja lagi Di, kan bisa jadi motivasi buat siapa aja yang mampir baca tulisan ini.
*sebenarnya uni ga takut nikah klo sama yang disuka mah* mode shy on

patra rina said...

Hihi.. balas yang sama "takut" dulu aja deh, jadinya aman, ada teman senasib :-)

patra rina said...

Kapan tau datangnya ma? *mode curious on

army widyastuti said...

kayaknya udah banyak deh advise-nya .... :)
(hi...hi... bukannya ngasih solusi)

eva novita said...

waduh uni...sbelum ngisi comment ini, sebelumnya ngobrol ma didi soal ini. Ak lg bosen dengerin riak2nya pernikahan, bikin parno. Sekarang ak mau dengerin yg hepi-hepi aja tg pernikahan biar sumanget lagi..
buat para single fighter, Chayo!!! Ayooo tetep semangat dlm berjuang menggenapkan dien.. angkat senjata... grakkkk...!!!!
*haiyah.. mlh tampak kaya orang sutriss lgi.. *

patra rina said...

Agree Jeng ! At least, ada yang mau nyemangatin kita biar lebih siap, hehehe.. klo T'Didi dulu mah banyak supporternya hahaha...

patra rina said...

Makasih ya atas nasehatnya... Klo baca or dengar story orang mah segalanya pengen dipraktekkin, tapi ga mau jadi galak ah... sorry kidding. Sebenarnya, aku ingin menyuarakan hati seorang sobatku .. udah ada yang lamar tapi masih takut nikah :p. Moga aja bisa memotivasi dia. Klo aku ada yang lamar ... aku akan proses dulu teh ;-), maju tak gentar ! Halaaah.... !!!!

patra rina said...

Makasih ya Retno... Tausyahnya akan menguatkan kami dalam melangkah. Mungkin setiap orang mengalami ketakutan ini sebelum keputusan itu diambil dan mba ingin menyimpan tulisan ini sebagai bekal ketika menjalani kehidupan berumah tangga nantinya, bahwa menikah bukan hanya sebatas ijab kabul sehingga orang dengan gampangnya kawin cerai seperti yang mamahana bilang. Aku hanya sedang "menggugat" orang atau bahkan diriku sendiri untuk tidak mengecilkan arti pernikahan.... Jazakillaah...

patra rina said...

Hmmm... kaum adam juga ngalamin ya ? Wah, kesian deh klo mereka dibilang kurang yakin sama Allah.. karena tiap manusia yang menjalankan ibadah kepada-Nya pasti sangat yakin dengan ketentuan Allah. Hanya saja manusia punya keterbatasan kan? Rasulullah aja masih butuh sahabat kok dalam menjalani peranan beliau sebagai khalifah, apalagi kita .. ya ga Yud ? Makanya kita sepatutnya saling menasehati dan menguatkan. Jazakallaah..

patra rina said...

Ayo MENIKAAH............. !! Bersemangat! ;-)

patra rina said...

Hehehe.. benar juga mba. Klo langsung pintar dan siap berumah tangga, kesian juga ibu kita.. Makasih banget. Moga pernikahan mba langgeng :-)

~ Ёleonora Hedvall~ said...

aduh... jadi istri asyik kok... :)

ririe bachtiar said...

Aku pribadi Insya4JJ1 nggak takut menikah walau banyak cerita ini itu..sedih, bahagia...hidup begitu bukan ?ada suka, ada duka..tinggal bgmn kitaya menjalaninya...bisa ikhlas atau tidak..teori sich...prakteknya masing2 tentu berbeda..intinya "Ingin menikah" tapi belum mendapat "kesempatan"...hihi

Diana Rochayani said...

hihihi... iyaaaa.... banyak bangeeeettttt!!
uni, evong, defi, teh inas, bimay, ita.... hmmm, sapa lagi yaa?

d'Amyja Songyanan said...

lho...nyumput di pageur kumaha teh...pan pertanyaannya sharing kebahagiaan menikah, ntu yang bisa jawab cuma teh didi doang kan, daku kan lom ngalamin, heheheh...

d'Amyja Songyanan said...

ah uni...diny mah masih lebih imut dari aku, jadi masih jauh mikirin nikah...
hayo....Din, dikau dah mikir kesana ya?
jangan duluin aku, heheheh...

patra rina said...

Hehehe... sebenarnya banyak teman ku yang bilang gitu... Gimana nemuinnya ya ?

patra rina said...

Aneh deh ma, masa karena married enak, orang jadi kawin cerai? ...

patra rina said...

Ikok belum kesebut tuh... eh udah nikah mah dia ya ?

Stalis Armando Rodado said...

Wah pertanyaannya menyentuh banget ya. Kayanya Patra nih takutnya cuman satu: takut nanti gak bener2 cinta sama suaminya hehe. Kalo gitu jangan dipaksa2 untuk menerima pinangan dunk apalagi ditakut2in umur... Pengalaman aku, dengan berusaha mendengar kata hati dan makin mengenal diri sendiri maka kita akan bisa menerima kehadiran orang lain dengan kelebihan dan kekurangannya. And sehubungan dengan pernikahan, menghayati tujuan2 pernikahan. Kalo udah mengenal medan pasti gak takut lagi, karena pernikahan yang baik membuat hidup kita lebih lengkap dan lebih bahagia. We ll see ;-)

patra rina said...

Stalis, makasih banyak ya... Membaca love story mu aja dah bikin aku termotivasi, a lot! Apalagi dikasih nasehat gini... uih, jadi pengen buru-buru nikah nih, hehehe....
Engga kok, aku ga pernah maksain diri buat nerima pinangan karena hidup kita dah sangat berarti dari mulai dilahirkan, nah aku ingin keberartian itu tetap ada sebagai wujud syukur dengan ikhlasnya aku menerima pinangan, bukan karena takut masalah usia ataupun desakan orang lain. Untung aja ortuku termasuk yang open minded, jadi aku ga ngerasa terpojok. Nah, nyari yang klop dan sama-sama pengen bilang "iya" nih yang rada sulit. Aku suka eh dianya engga, sebaliknya dianya suka.. aku nya yang engga. Belum jodoh aja kali ya ? Again, moga barakah pernikahannya.. Amin

patra rina said...

Kok cuma "hmm....." ?? mikirin apa Pon ? :p