Friday, October 5, 2007

Cemburu ama Jepang

Hari ini kantorku http://kogami.or.id kedatangan tamu dari Japan Society of Civil Engineering. Mereka mau ngadain asesmen kerusakan gempa 12 september kemaren. Ya udah, ganti-gantian deh ngasih presentasi. Tentu saja, aku kebagian mempresentasikan kerjaan KOGAMI dalam kaitannya ama edukasi masyarakat dan memfasilitasi pemerintah dalam mempersiapkan sistem penanggulangan bencana.
Nah, ketika Jepang yang presentasi, Subhanallaah aku ngaku klo aku cemburu berat ama Jepang! Emang mereka unggul banget dari segi teknologi. Mereka bisa kasih warning Tsunami hanya dalam waktu satu menit setelah gempa. Penelitian intensif mereka terhadap skenario kejadian Tsunami juga udah banyak banget.
Wajar aja klo aku benar-benar ingin "otak" nya Jepang dipindahin ke Indonesia. Mereka emang cepat dalam segala hal yang berkaitan sama ilmu. Sementara di Indonesia sendiri, perkembangan ilmu masih terkendala oleh keterbatasan dana, masalah klasik yang selalu diangkat. Nah lo, pintarnya masih jauuuuuh....trus, kekayaan alam Indonesia juga belum bisa diandalkan. Kenapa Amerika bisa ya? padahal Amerika kan lebih gede dibanding Indonesia? Apa yang salah? Kayaknya sih KEJUJURAN yang jadi masalah crucial. Ayo kita benahi! Mulai jujur dari diri sendiri.

11 comments:

*beautiful sky said...

hheheeheh kejujuraannnn tull!! gak mau comment banyak tar takut ada yg protes

ratu karitasurya said...

banyak hal yang perlu dibenahi emang Un..tapi utamanya sih Sistem dan mental kita :))))

patra rina said...

Iya mba
kejujuran kan dasarnya dari hati nurani
kalau ini udah bisa dibenahi, yang lain kayaknya bakal mudah deh
tapi kenapa ya orang bisa tenang aja nilep harta yang bukan miliknya ?
lho kok ?

patra rina said...

Betuuuuuuuuuuul Ratu
apa emang kita kelewat miskin ya ? Jadi alasannya klo kerja pasti lebih nanya uang jalan dulu .. baru kerjanya dan itupun ga maksimal
Hmm... klo semua jujur.... duh, negara kita kan lebih punya potensi untuk jadi kaya dan maju. Insya Allah ya... Amin

ratu karitasurya said...

Wallahu'alam deh..kelewat miskin? I don't think so...begitu banyak potensi baik SDM maupun alam di Negara ini, tapi kenapa tetep ga maju? coba deh sampe sekarang kita masih ngarepin aja tuh yg namanya kucuran dana dari IMF :(( Sistem yg ada baik dari yuridis sampe ke Ekonomi semuanya udah ga bisa lagi dipakai untuk kondisi Indonesia yg seperti sekarang ini, Hukumnya warisan Belanda, Ekonominya gaya kapitalis...:(((( Duh Negeri ini...

Anna Vanjava said...

jujurrrrrrrrr...

Rani Marchetti said...

Betul pat...kejujuran adalah segalanya..ini prinsip hidupku..apapaun jeleknya..mending jujur drpada boong...apalagi soal duit..harus banget jujur...

** Light said...

dengarkan ya Anak-anak, jujur aja gak cukup. untuk membenahinya minimal pakai 2 pendekatan: pertama, mental. kedua, sistem. seorang supir yang berkepribadian baik (mentalnya) bisa berubah beringas di jalan karena sistem lalulintas yang semrawut. Seorang yang mentalnya buruk (biasa buang sampah sembarangan di jakarta) trus melancong ke Singapura pasti mental buruknya dipaksa berubah karena sistem kebersihan di sana membuat dia gak mungkin buang sampah sembarangan. jadi harus multi dimensi gitu deh. sekian dulu ya kuliah saya...saya dosen jujur loooh...JUJUR KACANG IJOOOO...!!!!

Rani Marchetti said...

kacang ijo apa kacang merah.. pria?alamak..ini malah di sangkut pautin ama makanan...kan enak tuh kacang ijo yah? kakakaka..aku suka

*beautiful sky said...

betul apa yg Mr Jujur kacang ijo katakan ..hahaahah. Tapi memang yg paling utama ya JUJUR KACANG IJO tadi ..JUJUR ..nah baru sistem. sesempurna apapun sistem itu tak akan bisa berjalan dg baik tanpa adanya JUJUR ..KETAN ITEM >>hahahahahah.

patra rina said...

Wahai Pria,
Setuju tuh ama mba Atiek, kunci utamanya adalah JUJUR! JUJUR pada diri sendiri. Jadi, mau baik atau ga sistemnya... klo kita udah berani JUJUR ama diri sendiri, tetap aja kita berkelakuan baik. Bukannya kayak iklan "Abis ga ada yang lihat sih... " hahaha... .
Jadi, kita berbuat bukan karena takut kena hukum tapi karena takut ngebohongin hati nurani. Pas mo ngelempar sampah dari jendela mobil, nurani pasti akan bilang "Eit, jangan.... !", nah orang yang bisa mendustai nurani sendiri, tetap aja akan meneruskan usaha membuang sampahnya.
Siapa bilang sistem bisa merubah seseorang? Kalau udah dasarnya "stubborn" tetap aja stubborn. Kejadian kemaren waktu aku training di Seattle, udah jelas di kampus ga boleh ngerokok dan bisa didenda yang tinggi... tetap aja yang namanya "orang Indonesia - si smoker" mengendap-endap untuk mencari sisi yang bisa dipake tempat persembunyian untuk meneruskan kebiasaan-nya. Ah.... masa sih JUJUR aja susah banget?
Jadi ingat lagu "Jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah Engkau menyembahnya"